Berita Ponorogo

Di Ponorogo, Jokowi Berharap Waduk Bendo Meningkatkan Hasil Pertanian

Setelah melakukan kunjungan kerja di Tulungagung dan Trenggalek, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya ke Waduk Bendo.

Di Ponorogo, Jokowi Berharap Waduk Bendo Meningkatkan Hasil Pertanian
surya.co.id/rahadian bagus
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau pembangunan Waduk Bendo, di Kecamatan Sawoo, Ponorogo. 

SURYA.co.id|PONOROGO - Setelah melakukan kunjungan kerja di Tulungagung dan Trenggalek, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya ke Waduk Bendo di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jumat (4/12/2018) siang.

Jokowi mengatakan, waduk yang mampu menampung sekitar 43 juta kubik air ini dapat mengairi sekitar 7.700 hektare sawah dan tanaman lainnya milik warga. Capres Petahana ini berharap, ketersediaan air tersebut mampu memaksimalkan produksi pertanian masyarakat.

"Kami harapkan, dulu yang hanya panen sekali jadi tiga kali, yang dua kali menjadi tiga kali. Sangat penting sekali untuk pengairan sawah-sawah juga air baku. Saya kira dua hal ini, Waduk Bendo, yang nanti akan segera kita selesaikan," kata Jokowi di lokasi, Jumat (4/1/2019).

Calon presiden nomor urut satu ini menutrukan, saat ini progres pengerjaan Waduk Bendo sudah mencapai 77 persen. Pemerintah menargetkan, pengerjaan bendungan ini selesai pada akhir tahun 2019.

Selain di Ponorogo, pemerintah juga membangun sejumlah waduk di Jawa Timur, di antaranya Waduk Tukul, Waduk Tugu, Waduk Bagong, Waduk Semantok, dan Waduk Gongseng.

"Banyak sekali dibangun di Jawa Timur, karena memang diperlukan sebagai lumbungnya pangan Indonesia," kata lulusan Fakultas Kehutanan UGM ini.

Jokowi menambahkan, pemerintah telah menargetkan membangun 65 bendungan baru. "Ini diselesaikan dulu semuanya baru bicara nanti primernya sampai tersiernya di sawah. Ini proses jangka panjang yang memang harus dilalui," imbuhnya.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil, serta Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved