Berita Lamongan

Tak Pernah Kebagian Jatah PTSL, Kades di Lamongan Ini Kirim Surat 'Keluhan' ke Jokowi

Kepala Desa Dibee Lamongan kirim surat ke Jokowi lantaran tak pernah memperoleh kuota program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Tak Pernah Kebagian Jatah PTSL, Kades di Lamongan Ini Kirim Surat 'Keluhan' ke Jokowi
surya/ahmad zaimul haq
Presiden RI, Joko Widodo saat penyerahan 5000 sertifikat tanah untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto dan Gresik di JX International Expo, Surabaya, Kamis (6/9/2018). 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Kepala Desa Dibee, Kecamatan Kalitengah, Lamongan, berkirim surat ke Presiden RI Joko Widodo, Jokowi. Surat tersebut berisi keluhan lantaran tak pernah memperoleh kuota program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Rabu (02/01/2019) siang kemarin surat resmi itu sudah saya kirim ke Presiden Jokowi," kata Kede Dibee, Supartin, Kamis (3/01/2019).

Surat bernomor 141/01/413.321/06/2019 dengan kop pemerintahan desa resmi berstempel itu dikirim langsung ditujukan kepada Jokowi. Isi surat itu disebutkan, bahwa selama program PTSL yang digulirkan Jokowi tak pernah digelar di Desa Dibee.

"Kalau tidak salah sudah tiga kali ada program PTSL, tapi desa kami khususnya tidak pernah mendapatkan kuota," ungkap Supartin.

Bahkan pihaknya sudah beberapakali menanyakan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamongan. Di BPN Lamongan, Supartin mengungkapkan alasan yang muncul kuota PTSL dikurangi.

Namun yang ia heran, ada beberapa desa yang sampai tiga kali atau setiap program PTSL dibuka selalu mendapat jatah.

Mestinya, kata Supartin, ada azas pemerataan dalam pelaksanaan program PTSL ini.

Pada 2018, pihaknya sudah mengajukan melalui Camat Kalitengan ke BPN, namun kembali jawabannya yang muncul adalah ada pengurangan dari Kanwil untuk Lamongan.

Dalam surat yang dikirim, ia meminta agar Jokowi memberikan kebijakan untuk memberikan kuota untuk Desa Dibee Kecamatan Kalitengah.

Menurutnya, berkirim surat ke Presiden RI dinilai sebagai cara yang normatif dengan harapan Jokowi akan memberikan perhatian langsung dan bisa memberikan kebijkan terkait apa yang diharapkan warga masyarakat.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved