Berita Surabaya

Pedagang Pasar Tunjungan Surabaya Gugat Wali Kota Risma, Anggap Ingkar Janji Revitalisasi

Pedagang Pasar Tunjungan akan Wali Kota Bu Risma yang dinilai ingkar janji revitalisasi dan Direksi PD Pasar yang menerapkan dobel PPN

Pedagang Pasar Tunjungan Surabaya Gugat Wali Kota Risma, Anggap Ingkar Janji Revitalisasi
surya/nuraini faiq
Suasana Pasar Tunjungan Jalan Embong Malang Surabaya yang mati, Kamis (3/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pedagang Pasar Tunjungan Surabaya di Jalan Embong Malang Surabaya bergolak, Kamis (3/1/2019). Melalui pengurus pedagang di pasar terkenal ini, mereka menagih janji Pemkot Surabaya yang hendak merevitalisasi pasar legendaris Kota Pahlawan ini.

"Ini pasar ikonik Surabaya. Tapi kenapa dibiarkan bocor, kotor, mati tak terurus seperti saat ini. Kami tidak bisa terus diam. Pedagang akan menggugat," kata Wakil Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) Jalil Hakim, di Pasar Tunjungan, Kamis (3/1/2019).

Semua pengurus P3T tiba di pasar tiga lantai tersebut. Di pasar legendaris yang berlokasi di jantung kota Jalan Embong Malang Surabaya itu, para pedagang menuntut agar Pemkot Surabaya merealisasikan janjinya membangun kembali Pasar Tunjungan

Pasar ikonik dengan luasan 1,2 hektare ini kondisinya mati. Listrik mati, eskalator mandek, atap bocor, dan debu di mana-mana. Kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun.

Dari tiga lantai yang ada di Pasar Tunjungan ini, hanya ada 6 stan kios yang bertahan. Saat pertama kali dibuka pada era 1970-an hingga 1990-an masih ada sekitar 200 pedagang stan.

Kemudian tinggal 80 pedagang, kini menyisakan 26 pedagang.

Namun hanya 6 yang buka. Hampir semua berubah bentuk usaha. Ada yang buka barbershop, advettising, hingga usaha jasa lainnya.

Tak ada jualan produk di pasar yang sebelumnya megah itu. Pasar ini persis berlokasi di depan Mal Sogo Surabaya. 

Meski mati dan tak ada aktivitas pasar apa pun, pedagang tetap harus membayar retribusi dan PPN.

Setiap bulan ada retribusi antaran Rp 1 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Menurut pedagang ada PPN ganda yang diberlakukan karena retribusi dari PD Pasar itu sudah termasuk PPN. 

Halaman
1234
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved