Sambang Kampung

Belajar Gamelan Dilatih Warga Tunanetra di Kampung Nginden Jangkungan Surabaya

"Saya ini bukan mengajari, saya belajar bersama warga. Kalau kumpul, main ya saya temenin, saya ngasih tahu notasinya gamelan,"ujarnya.

Belajar Gamelan Dilatih Warga Tunanetra di Kampung Nginden Jangkungan Surabaya
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Sejumlah anak warga Kelurahan Nginden Jangkungan RT 9 RW 5 belajar gamelan bersama Djoko Sudiro. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bunyi tabuhan musik gamelan mengalun dari Pendopo Pusaka Budaya RT 9/RW 5 Kelurahan Nginden Jangkungan, Sukolilo, Surabaya.

Anak-anak kampung mulai memukul perangkat musik tradisional jawa di pendopo tersebut dengan riang.

Di antara anak-anak tersebut terlihat salah satu warga kampung yang memandu memainkan notasi ketukan perangkat gamelan.

Yaitu Djoko Sudiro (55), dengan telaten mendengarkan ketukan irama musik. Tanpa mengandalkan indra penglihatannya, Djoko kerap memberi contoh cara bermain alat musik tradisional dengan cekatan.

Djoko merupakan tunanetra sekaligus warga asli kampung yang mempelajari gamelan secara otodidak. Tak hanya gamelan, ia juga bisa bermain electone.

Pria yang juga pengajar di SMPLB dan SMALB Yayasan Pendidikan Anak Buta Surabaya ini mengungkapkan cukup senang dengan keberadaan Pendopo Pusaka Budaya yang dibuat warga kampungnya tersebut.

Pasalnya memalui pendopo tersebut, ia banyak berinteraksi dengan warga kampung. Tak hanya anak-anak kecil, tetapi juga remaja, bapak dan ibu PKK kampung juga kerap berkumpul di pendopo tersebut.

"Saya ini bukan mengajari, saya belajar bersama warga. Kalau kumpul, main ya saya temenin, saya ngasih tahu notasinya gamelan,"ujarnya.

Keberadaan pendopo di antara taman herbal tersebut menurut Djoko cukup menarik. Ia bisa merasakan kedekatan dengan warga kampungnya saat memainkan gamelan bersama.

"Saat tahu warga beli gamelan,  Merasa senang saat di kampung ada pelestarian budaya, apa lagi saya juga ada tempat untuk membagi ilmu "lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved