5 Fakta Fenomena Awan Menyerupai Gelombang Tsunami di Makassar, Begini Cara Melacaknya

Fenomena awan menyerupai gelombang tsunami di langit Kota Makassar, Minggu (1/12/2019) menghebohkan dunia maya

instagram
5 Fakta Fenomena Awan Menyerupai Gelombang Tsunami di Makassar 

SURYA.co.id - Fenomena awan menyerupai gelombang tsunami di langit Kota Makassar, Minggu (1/12/2019) menghebohkan dunia maya. 

Awan menyerupai gelombang tsunami ini terlihat di atas laut Selat Makassar dan menjadi objek foto dan video dan banyak dibagikan di media sosial

Awan menyerupai gelombang tsunami di langit Kota Makassar itu menyebabkan pendaratan sejumlah pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar terpaksa tertunda

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini fakta di balik fenomena awan kumulonimbus di Makassar:

1.  Viral dengan nama "Awan tsunami"

Saat melihat fenomena awan kumulonimbus di sekitar Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sejumlah warga Kota Makassar segera merekam dan mengunggahnya di media sosial, Selasa (1/1/2019).

Tak berselang lama, rekaman awan hitam yang bergelombang mirip seperti gelombang tsunami tersebut segera menjadi viral di media sosial.

Menyaksikan fenomena awan tersebut, masyarakat seakan teringat dengan kedahsyatan gelombang tsunami yang baru saja menyapu sebagian wilayah Lampung Selatan dan Banten.

Nur Asia Utami, prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, menuturkan, awan kumulonimbus ini berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, khususnya pesisir barat dan selatan.

“ Awan kumulonimbus bisa terjadi di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Bahkan, di Kota Makassar awan ini bisa tumbuh kembali,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved