Berita Surabaya

Tahun 2019, Pemkot Surabaya Lanjutkan Bangun Basement di Seberang Balai Pemuda

Akan ada mini plaza yang didesain futuristik, lengkap dengan sejumlah stan perdagangan dan kuliner. Plaza tersebut akan melengkapi pengembangan

Tahun 2019, Pemkot Surabaya Lanjutkan Bangun Basement di Seberang Balai Pemuda
SURYAOnline/Ahmad Zaimul Haq
HAMPIR TUNTAS - Proyek pembangunan parkir basement Balai Pemuda tampak dari ketinggian, Senin (31/12/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pembangunan parkir bawah tanah di komplek Balai Pemuda sudah dirampungkan selama tahun 2018.

Saat ini seputaran Gedung Merah Putih di Balai Pemuda sudah seratus persen tertutup dan parkiran bawah tanah sudah selesai di kerjakan.

Parkiran bawah tanah dengan luasan sekitar 1000 meter persegi itu memperbanyak kapasitas parkiran bawah tanah yang sudah dibangun sebelumnya.

Di tahap satu basement balai pemuda berkapasitas 18 mobil dan 50 motor, untuk tahap dua ditambahkan kapasitas 36 mobil dan 27 motor.

Di tahap tiga dilakukan penambahan ruang untuk parkir 33 mobil, dan terakhir tahap empat ditambah kapasitas 77 motor.

Teknik pembangunan sistem top down yang diterapkan di pembangunan basement ini terbukti mampu menyelamatkan bangunan cagar budaya di kawasan Balai Pemuda hingga proyek selesai.

Sistem pembangunan top down, yaitu dengan memasang tiang pancang terlebih dahulu, melakukan pengeboran dan memasang atap lalu setelah itu mengeruk bagian dalam tanah untuk membuka ruang bawah tanah.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Iman Krestian mengatakan pembangunan basement Balai Pemuda sudah sampai pada tahap empat.

"Saat ini sudah selesai tahap empat. Tapi pengembangan kawasan Balai Pemuda tidak akan berhenti sampai sini saja, masih akan berlanjut di seberang Balai Pemuda," kata Iman, Rabu (2/1/2019).

Ia mengatakan, pembangunan pengembangan kawasan Balai Pemuda masih akan dilanjutkan di depan seberang persil Pemuda 17.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved