Berita Surabaya

Jenjang SD Diminta Siapkan HOTS untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional

Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) berencana memasukkan instrument HOTS

Jenjang SD Diminta Siapkan HOTS untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional
surya/hayu yudha prabowo
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) berencana memasukkan instrument HOTS (higher order thinking skills) pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di jenjang SD.

Untuk itu, pegawai Widya Iswara di tiap daerah bertugas dalam melatih dan mendidik pengawas, guru dan kepala sekolah tentang program-program Kemendikbud.

Salah satunya program pemahaman model soal HOTS pada guru.

Widya Iswara Kemendikbud LPMP Jawa Timur, Ismu Koco jika awal tahun 2019 nanti, Kemendikbud akan memberlakukan soal-soal HOTS melalui kegiatan KKG dan MGMP.

”Karena rencana itu, guru-guru sudah harus melakukan persiapan pembekalan dan pelatihan. Ini kami lakukan dari jauh-jauh hari yaitu sejak dua tahun lalu,” ungkapnya, Selasa (1/1/2019).

Lebih lanjut, kesiapan tersebut perlu dilakukan mengingat banyak guru mempunyai sedikit pengetahuan pemahaman soal-soal yang bersifat analitik, mencipta dan mengevaluasi.

Hal itu berdasar dari laporan-laporan yang pihaknya terima dari sekolah.

Menurutnya, baik guru maupun calon instruktur mempunyai pemahaman HOTS masih rendah yaitu dibawah 50 persen.

”Laporan itu kami terima tidak hanya di Surabaya ataupun Jawa Timur. tapi juga di Jakarta. jadi memang masih rendah,” ujarnya.

Sehingga, lanjut dia, awal tahun 2019 Kemendikbud akan mulai memberikan pelatihan pada guru SD, SMP dan SMA/SMK untuk memulai kinerja pembelajaran siswa dengan soal HOTS.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved