Berita Surabaya

Selama Hari Libur Penumpang Membludak, Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Suroboyo Bus Baru

Dengan penambahan 10 Unit Suroboyo Bus Irvan berharap para penumpang hanya menunggu sekitar 10-20 menit, baik rute Timur-Barat dan Utara-Selatan

Selama Hari Libur Penumpang Membludak, Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Suroboyo Bus Baru
ist
10 Unit Suroboyo Bus baru 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah kota Surabaya kuwalahan melayani penumpang Suroboyo Bus saat musim liburan.

Hal ini disampaikan Ir. Irvan Wahyu Drajad, M.MT, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Menurut Irvan bahkan 1 dari 10 bus Suroboyo sempat mengalami mogok karena terus beroperasi dan tak ada hentinya membawa penumpang di saat musim liburan.

"Itu (Suroboyo Bus yang mogok) sebenarnya bus cadangan, tapi karena penumpang penuh saat liburan kami gunakan selalu full time. Sekarang Senin sampai Jumat juga penuh," jelasnya, Rabu (26/12/2018).

Irvan mengaku sudah mengajukan tambahan 10 unit Armada Suroboyo Bus sejak beberapa waktu lalu. 10 unit armada Suroboyo Bus akhirnya tiba juga di Surabaya, Selasa (25/12/2018) kemarin.

Kini Pemkot Surabaya sudah memiliki 20 bus angkutan umum, 18 diantaranya Suroboyo Bus dan dua unit lagi adalah double decker atau bus bertingkat.

"Sementara ini diletakkan di Terminal Tambak Oso Wilangun (TOW), sembari menunggu plat nomor permanen dan pelatihan kru Suroboyo Bus, baik sopir maupun kondektur atau helpernya. Jadi dengan banyaknya minat dari masyarakat untuk menggunakan Suroboyo Bus, baik rute utara-selatan maupun barat-timur, maka tahun ini Pemkot Surabaya menambah lagi 10 unit dan sekarang sudah datang,” jelas Irvan.

10 unit armada yang baru datang ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan delapan unit yang sudah ada sebelumnya.

Sesuai arahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, desain kacanya lebih rendah, sehingga para penumpang yang berada di dalam bus bisa terlihat jelas.

Ini dimaksudkan untuk mencegah kejahatan dan pelecehan seksual. Selain itu, modifikasi bentuk, dari sisi eksterior dan ada perbaikan di sisi belakang bus.

Sedangkan kapasitas dan tipenya, masih sama seperti armada Suroboyo Bus yang sudah ada sebelumnya, yaitu dapat memuat 67 penumpang, termasuk yang berdiri, orang difabel, dan perempuan. Bus ini juga dilengkapi GPS dan CCTV.

“Pembayarannya pun masih tetap dengan botol plastik,” ujarnya.

Selama ini, para penumpang itu menunggu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Dengan penambahan 10 Unit Suroboyo Bus Irvan berharap para penumpang hanya menunggu sekitar 10-20 menit, baik rute Timur-Barat dan Utara-Selatan.

Seiring pemenambah armada Suroboyo Bus, Dishub Surabaya juga menambah delapan halte bus pada tahun 2019.

Delapan halte itu dibangun di depan UIN, Royal, depan Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar rumah sakit Dr Soetomo, Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved