Berita Surabaya

Sekolah Tuntaskan Pendaftaran Nominasi Peserta Unas 2019 Sebelum Liburan

Kepala SMKN 2 Surabaya, Djoko Pratmodjo, mengatakan pendataan siswa sebagai peserta Unas di sekolahnya sudah diselesaikan sebelum liburan sekolah

Sekolah Tuntaskan Pendaftaran Nominasi Peserta Unas 2019 Sebelum Liburan
surya/hayu yudha prabowo
Ilustrasi Ujian Nasional 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebelum memasuki libur Natal dan Tahun Baru, SMA/SMK di Jawa Timur telah menuntaskan pendaftaran nominasi peserta Ujian Nasional (Unas) 2019. Prosedur operasional standar (POS) UN yang dirilis oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menjelaskan tentang mekanisme pendataan peserta Unas.

Kepala SMKN 2 Surabaya, Djoko Pratmodjo, mengatakan pendataan siswa sebagai peserta Unas di sekolahnya sudah diselesaikan sebelum liburan sekolah.

"Proses selanjutnya kami serahkan data tersebut kepada cabang dinas pendidikan Jatim di Surabaya untuk diteruskan ke Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim," kata Djoko dikonfirmasi SURYA.co.id, Sabtu (22/12/2018).

Jumlah siswa calon peserta Unas di SMKN 2 menurutnya mencapai 996 siswa. Jumlah ini dirasa paling banyak se-Surabaya, sehingga ia tak mau menunda-nunda pendaftaran.

"Para siswa tersebut tersebar di 10 jurusan, dan data nominasi mulai dari biodata siswa. Mulai dari nama, tanggal lahir, dan sebagainya. Termasuk nantinya tanda tangan siswa sudah kami selesaikan," lanjutnya.

Tanda tangan itu, lanjutnya, untuk memastikan siswa yang bersangkutan mengetahui dirinya sudah terdaftar sebagai peserta ujian.

Selain mempersiapkan internal sekolah, pihaknya juga mengawal calon peserta Unas di sekolah yang menjadi subrayonnya.

Total ada 6 sekolah yang menjadi subrayon SMKN 2. Jumlah siswanya mencapai 2.450 siswa.

”Pelaksanaan ujian tetap di sekolah masing-masing. Saya memastikan kesiapan, jumlahnya betul atau tidak, kita kawal dengan baik,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dindik Jatim, Saiful Rachman, mengatakan data peserta Unas mengacu pada data pokok pendidikan (dapodik) Kemendikbud.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved