Rumah Politik Jatim

Anna Muawanah Ingatkan ASN Harus Netral saat Pemilu

ASN harus bisa memposisikan diri agar tidak terjebak untuk berlebihan dalam memberikan dukungan saat pemilu berlangsung

Anna Muawanah Ingatkan ASN Harus Netral saat Pemilu
SURYA.co.id/Mochamad Sudarsono
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah saat memberikan sambutan arahan terkait PNS harus netral 

SURYA.co.id | BOJONEGORO - Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, membuka acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipasi bagi aparatur sipil negara (ASN), di salah satu hotel setempat, Sabtu (22/12/2018).

Dalam sambutannya, Anna Muawanah mengatakan, bahwa pemilu adalah proses yang cukup rumit dikarenakan perlu kesiapan demokrasi dan kedewasaan pemilih.

Selain itu, kompetitor antar pelaku pemilu baik di internal partai maupun antar partai juga mempengaruhi kontestasi politik.

Dalam hal inilah, ASN harus bisa memposisikan diri agar tidak terjebak untuk berlebihan dalam memberikan dukungan saat pemilu berlangsung.

"ASN harus netral, saya selaku pembina meminta kenetralan ASN," Ujar Bupati dihadapan Camat, Kapolsek dan Danramil yang hadir.

Politisi PKB itu menjelaskan, ASN wajib netral dikarenakan mempunyai kewenangan dan kekuasaan administrasi, anggaran dan lainnya.

Sebab, kewenangan yang dimiliki berpotensi untuk disalahgunakan demi kepentingan kelompok dan memobilisasi kekuatan politik tertentu.

"Semoga ASN bisa menjaga kenetralannya, dan semoga pemilu 2019 berjalan lancar," Harap Anna.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Zainuddin menambahkan, ASN memang mempunyai hak pilih. Namun, dengan hak yang dimilikinya itu diharap tetap menjaga netralitas.

"Ya harus menjaga netralitas karena, tidak boleh melampaui hak yang dimiliki," Pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved