Pilpres 2019

Reaksi Sandiaga Uno saat Dicurhati Petani Petani Tebu di Kediri

Cawapres Sandiaga Uno melanjutkan safari politiknya dengan menemui sejumlah elemen masyarakat di Kediri.

Reaksi Sandiaga Uno saat Dicurhati Petani Petani Tebu di Kediri
Surabaya.Tribunnews.com/Didik Mashudi
Cawapres Sandiaga Uno melanjutkan safari politiknya dengan menemui sejumlah elemen masyarakat di Kediri. Saat berdialog mayoritas menyampaikan masalah dan harapannya kepada Sandiaga, Kamis (20/12/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Cawapres Sandiaga Uno melanjutkan safari politiknya dengan menemui sejumlah elemen masyarakat di Kediri. Saat berdialog mayoritas menyampaikan masalah dan harapannya kepada Sandiaga, Kamis (20/12/2018).

Sejumlah elemen masyarakat yang berdialog di antaranya perwakilan UMKM, petani tebu, industri logam dan tenaga dokter serta kalangan emak-emak.

Bambang Widodo, salah satu petani mengemukakan harga gula saat ini semakin anjlok sehingga membuat petani semakin terpuruk.

"Harga gula sudah hancur, petani tebu sekarang menangis," ungkapnya.

Harga gula yang mestinya di atas Rp 10.000 per kg, saat ini melorot tinggal Rp 8.600 per kg. Padahal biaya produksinya sekarang hampir Rp 70 juta per hektar, namun hasilnya hanya sekitar Rp 45 juta.

Sementara Sandiaga mengemukakan pihaknya sudah menandatangani dan melakukan kontrak politik dengan petani tebu. "Kami siap meningkatkan tata niaga gula supaya petani tebu tidak terpuruk," ungkapnya.

Salah satu komitmen itu siap menjamin agar harga gula tidak anjlok karena kebijakan impor gula yang dilakukan pemerintah.

Sedangkan untuk UMKM telah menyiapkan tujuh langkah PAS berupa pendaftaran UMKM yang akan masuk revolusi industri 4.0, kita berikan pelatihan, pendampingan, akses pemasaran, mempermudah perizinan dan pelatihan keuangan serta akses permodalan.

"Diharapkan UMKM tubuh lebih baik di sekitar Kediri dan mampu membuka lapangan kerja. Dengan stabilisasi bahan pangan, harga bahan pokok akan stabil dan terjangkau," jelasnya.

Termasuk pembangunan bandara di Kediri diharapkan mampu membuka lapangan kerja masyarakat dan meningkatkan konektifitas. Sehingga ekonomi dapat semakin bergerak.

"Kami harapkan kehadiran bandara juga berdampak langsung kepada masyarakat kelas menengah ke bawah," tandasnya.

Apalagi potensi pertanian di Kediri sumber dayanya juga sangat melimpah ditambah tanah yang subur. Sumber daya manusia juga sangat hebat sehingga dapat meningkatkan produktifitas petani.

Ditegaskan Sandiaga, sikap Prabowo - Sandi tegas dalam masalah tenaga kerja asing. Karena setiap peluang kerja hanya untuk putra putri terbaik Indonesia.

"Baru kalau tidak ada kita tawarkan kepada asing," jelasnya.

Diharapkan investasi yang masuk ke Indonesia untuk membuka lapangan kerja di Indonesia.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved