Berita Bangkalan

Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi, UTM Siapkan Pelaku Usaha dan Petani Garam Berdaya Saing

Kami diberi kepercayaan untuk menggelar sertifikasi kompetensi bidang garam dengan skema kompetensi produksi garam

Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi, UTM Siapkan Pelaku Usaha dan Petani Garam Berdaya Saing
surya/ahmad faisol
Ketua TUK-Garam dan Kelautan UTM Dr H Agus Romadhon, SP MSi, dalam Uji Sertifikasi Profesi Garam dan Kelautan di Aula Lantai 7 dan 10 Graha Utama Kampus UTM, Kamis (20/12/2018). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Perlahan, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berupaya menjawab setiap permasalahan masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan taraf kehidupan.

Salah satunya melalui Uji Sertifikasi Profesi Garam dan Kelautan di Aula Lantai 7 dan 10 Graha Utama Kampus UTM mulai Senin (17/12/2018) hingga Selasa (18/12/2018).

Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi merupakan tindak lanjut setelah Tempat Uji Kompetensi (TUK) Garam dan Kelautan UTM mendapat kepercayaan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Garam dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kelautan.

"Kami diberi kepercayaan untuk menggelar sertifikasi kompetensi bidang garam dengan skema kompetensi produksi garam bahan baku dan perecanaan lahan produksi garam," ujar Ketua TUK-Garam dan Kelautan UTM Dr H Agus Romadhon, SP MSi, Kamis (20/12/2018).

Ia menjelaskan, LSP telah meresmikan TUK-Garam dan Kelautan yang ditindak lanjuti dengan pelaksanaan uji kompetensi garam dan keluatan sebagai awal dari komitmen UTM.

"Ini menjadi komitmen awal kami agar masyarakat memiliki kompetensi yang benar-benar mumpuni dan tersertifikasi. Kami sudah menyiapkan ruangan, laboratorium untuk uji coba, dan kebutuhan-kebutuhan yang lain," jelasnya.

Sejak ditetapkan Direktorat Kelembagaan Kemenristek Dikti sebagai Kampus Pusat Unggulan Iptek (PUI) Garam pada November 2017, Laboratorium garam di lingkungan Kampus UTM berhasil mengembangkan Inovasi Produksi Garam Pangan dan Non Pangan.

Inovasi produksi Garam Pangan meliputi garam healthy kaya mineral.

Hasil fortifikasi garam dengan ekstrak kelor, alga laut, rumput laut, dan flora fauna laut.

Sedangkan inovasi produksi Garam Non Pangan yang berhasil diprototipe antara lain garam lifestyle.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved