Berita Pasuruan

Investasikan Pohon Untuk Jaga Sumber Mata Air di Kabupaten Pasuruan

Ini merupakan upaya PWI dalam ikut serta menyelamatkan sumber mata air di Pasuruan khususnya kawasan Umbulan.

surya/galih lintartika
Sekda Pemkab Pasuruan Agus Sutiadji saat menanam pohon bersama di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (18/12/2018) pagi. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan bersama ratusan anak anak Sekolah Dasar (SD), masyarakat umum melakukan penanaman pohon bersama di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (18/12/2018) pagi.

Kali ini, PWI mengusung tema "Selamatkan Hutan Demi Masa Depan" dan menanam 2.000 pohon yang terdiri dari pohon Nangka, Sirsat, dan Sukun.

Ini merupakan upaya PWI dalam ikut serta menyelamatkan sumber mata air di Pasuruan khususnya kawasan Umbulan.

Bahkan, dalam kesempatan ini PWI Pasuruan juga mengeluarkan pernyataan sikap dalam mendukung dan mendorong konservasi lingkungan di Kabupaten Pasuruan.

Ada empat sikap pernyataan di antaranya pertama menolak dan mengecam segala bentuk aktivitas serta berbagai kegiatan yang merusak lingkungan, seperti penebangan pohon secara serampangan tanpa memperhatikan kondisi, penebangan ilegal, penambangan yang mengabaikan konservasi lingkungan maupun pengambilan air bawah tanah (ABT) secara liar.

Kedua, melalui pemberitaan terus membangyn kesadaran masyarakat untuk mencintai dan menjaga lingkungan, terutama hutan, termasuk merawat dan menjaga pepohonan yang berada di sekitarnya.

Ketiga, mendukung dan mendorong upaya - upaya pemerintah dan berbagai pihak untuk melakukan pelestarian hitan dan mata air, serta lingkungan alam.

Keempat, mendukung dan mendorong upaya pemerintah untuk menyusun perencanaan konservasi alam atau penanaman pohin secara terencana dan terukur.

Ketua Panitia Kegiatan Tuji Hartono menjelaskan, dalam kegiatan tanam pohon ini, pihaknya memang sengaja mengajak anak - anak untuk mencintai lingkungan sejak dini.

Bagi dia, ke depan, anak - anak akan menjadi generasi penerus untuk menjaga dan menyelamatkan lingkungan.
"Makanya kami berikan edukasi, mulai dari membuka bibitnya, menanam dan merawat bibit itu agar tetap tumbuh menjadi tumbuhan yang sehat dan memberikan manfaat bagi lingkungan," kata Tuji, sapaan akrabnya.

Tuji menyampaikan, harapannya ada kesadaran sejak dini untuk ikut berkontribusi menyelamatkan lingkungan.
Selain anak-anak, tanam pohon ini juga diikuti semua elemen masyarakat, mulai petani, pegawai desa, kecamatan, polisi, TNI dan sejenisnya.

"Ada 2.000 pohon yang kami tanam hari ini, dan dibagi menjadi dua kecamatan yakni Lumbang dan Winongan. Harapan kami, pohon yang kami tanam hari ini bisa menjadi investasi di masa depan agar sumber mata air khususnya di Umbulan, yang ada di Kecamatan Winongan dan Lumbang tetap terjaga," jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji mengaku sangat bangga dengan rekan-rekan PWI yang sudah ikut mendukung Pemerintah dalam melakukan konservasi lingkungan ini.

"Terima kasih kepada PWI yang ikut bersama merawat bumi Pasuruan. Kita pemkab pasuruan sudah beberapa kali melaksankan kegiatan sejenis, tapi tak cukup dan butuh dukungan agar anak cucu kita bisa menikmati sama dengan kita, syukur-syukur bisa lebih baik," pungkas dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved