DPRD Surabaya

DPRD Surabaya Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru: Harga Relatif Stabil, Jangan Ada Permainan

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Darmawan turun ke pasar tradisional dan sejumlah warung kebutuhan bahan pokok, Selasa (18/12/2018).

DPRD Surabaya Sidak Harga Kebutuhan Pokok Jelang Nataru: Harga Relatif Stabil, Jangan Ada Permainan
surya.co.id/nuraini faiq
SIDAK - Wakil Ketua DPRD Surabaya Darmawan saat sidak harga kebutuhan pokok di wilayah Kecamatan Gayungan, Surabaya, Selasa (18/12/2018). 

SURYA.co.id |SURABAYA - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Darmawan turun ke pasar tradisional dan sejumlah warung kebutuhan bahan pokok, Selasa (18/12/2018).

Wakil rakyat ini inspeksi mendadak (sidak) untuk mengetahui ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) dan fluktuasi harganya.

Selama ini, ada kecenderungan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sembako melonjak dan langka.

"Kami ingin pastikan apakah masih terjadi kelangkaan bahan pokok dan kenaikan harga sembako," ucap Darmawan saat di Pasar Gayungan.

Politisi Gerindra ini mengunjungi sejumlah toko kelontong, pasar, dan pedagang besar. Cak Aden, sapaan akrab Darmawan, langsung mendekati pedagang dan menyapa para pembeli yang ada di warung sembako itu.

Dalam sidak ini didapati harga-harga mulai beras, gula, minyak goreng, telur, sabun, hingga tepung terigu, hampir semua relatif stabil. Hanya telur yang dalam kondisi harganya naik.

Dari sebelumnya Rp 22.000 per kg, naik variatif menjadi tertinggi Rp 24.000/kg. Begitu juga beras, harganya sedikit naik, namun kenaikannya tidak signifikan. Dari sebelumnya Rp 10.000/kg menjadi Rp 10.200/kg.

"Namun harga ini sebenarnya wajar karena sudah berlaku agak lama. Bukan karena Natal dan Tahun Baru. Sejumlah pembeli juga tidak mempermasalahkan," kata Yanti Hariyanti, pedagang sembako di Gayungan PTT.

Cak Aden tak hanya menyidak pasar tradisional, namun sejumlah toko kelontong dan toko sembako skala besar dan kecil juga dimintai keterangan. Wakil rakyat dari Partai Gerindra ini ngobrol terkait alur bahan pokok itu hingga ke tangan konsumen.

Di salah satu toko sembako yang ramai di Gayungan PTT itu, Aden mengetahui bahwa ada kecenderungan potensi para pedagang ingin memanfaatkan kesempatan karena alasan Natal dan Tahun Baru. Mempermainkan harga ini, yang menurut Aden, tidak diperkenankan.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved