Pasien Gagal Ginjal Cemas, Cairan Dianeal Untuk Cuci Darah Belum Dikirim

Pasien gagal ginjal yang menggunakan cuci darah mandiri di Tulungagung merasa khawatir Sebab cairan dianeal untuk pencuci darah belum juga dikirim.

Pasien Gagal Ginjal Cemas, Cairan Dianeal Untuk Cuci Darah Belum Dikirim
surabaya.tribunnews.com/david yohanes
Cairan dianeal untuk cuci darah mandiri pasien gagal ginjal. 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Pasien gagal ginjal yang menggunakan Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD) atau cuci darah mandiri di Tulungagung merasa khawatir. Sebab cairan dianeal untuk pencuci darah belum juga dikirim.

Padahal stok cairan ini sudah hampir habis. Seorang pasian CAPD, Tri Cahyono (40), warga Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, keterlambatan cairan dianeal ini baru terjadi bulan ini.

Kondisi ini tidak lepas dari perubahan mekanisme rujukan. Sebelumnya untuk mendapat cairan dianeal, cukup mencari surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat 1.

“Jadi sebelumnya pasien cukup datang ke Puskesmas untuk dapat surat rujukan. Kemudian suratnya dikirim ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang,” tutur Tri, Jumat (14/12/2018).

Namun sekarang rujukan dari Faskes pertama harus dibawa ke RSUD dr Iskak. RSUD dr Iskak kemudian mengaluarkan surat rujukan, baru dikirim ke RSSA.

Akibatnya para pasien CAPD harus membuat surat rujukan baru.

“Surat rujukannya sudah saya kirim sebelumnya. Karena aturannya berubah, harus buat yang baru lagi,” tambah Tri.

Akibatnya cairan dianeal belum dikirim ke rumah para pasien. Kondisi ini yang membuat para pasien cemas, sebab stok cairan ini hanya tinggal beberapa kantong.

Tri misalnya, hanya cukup untuk satu malam. Ayah dua anak ini sudah berusaha mencari pinjaman cairan dianeal ke sesama pasien CAPD.

Namun semua pasien kondisinya sama, stok menipis dan belum mendapat kiriman baru. Tri bersiap datang langsung ke RSSA, untuk mendapatkan cairan dianeal.

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved