Berita Belitar

Pemkot Blitar Siapkan Rp 8 Miliar untuk Kenaikan Gaji Pokok PNS pada 2019

Pemkot Blitar sudah mengantisipasi rencana kenaikan gaji pokok untuk pegawai negeri sipil (PNS) mulai 2019. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran Rp 8 M

Pemkot Blitar Siapkan Rp 8 Miliar untuk Kenaikan Gaji Pokok PNS pada 2019
surya/ahmad zaimul haq
Ilustrasi PNS 

Lapran Wartawan Surya, Samsul Hadi

SURYA.co.id | BLITAR - Pemkot Blitar sudah mengantisipasi rencana kenaikan gaji pokok untuk pegawai negeri sipil (PNS) mulai 2019. Ini seiring rencana pemerintah pusat menaikkan gaji pokok PNS pada 2019. Rencananya, gaji pokok untuk PNS naik sekitar lima persen.

Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 8 miliar untuk kenaikan gaji pokok para PNS.

"Sudah kami antisipasi, kami siapkan anggaran Rp 8 miliar di APBD 2019 untuk kenaikan gaji PNS. Rencananya gaji PNS naik sekitar lima persen," kata Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto J, Kamis (13/12/2018).

Widodo mengatakan kebetulan rencana kenaikan gaji pokok PNS itu seiring dengan kenaikan dana alokasi umum (DAU) Kota Blitar pada 2019. DAU Kota Blitar pada 2019 naik sekitar Rp 15 miliar. Dari sebelumnya, Rp 421,2 miliar pada 2018 naik menjadi Rp 436,2 miliar pada 2019.

Sebagian DAU itu disiapkan untuk mengantisipasi kenaikan gaji pokok PNS mulai 2019.

"DAU kami naik Rp 15 miliar., yang Rp 8 miliar kami siapkan untuk kenaikan gaji pokok PNS. Selanjutnya yang Rp 7 miliar kami berikan ke masing-masing kelurahan," ujar Widodo.

Dikatakannya, Pemkot Blitar masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat soal kenaikan gaji pokok PNS. Jika pemerintah pusat mengumumkan kenaikan gaji pokok PNS pada Maret 2019, maka kenaikan gaji pokok untuk Januari-Februari 2019 akan diberikan secara dirapel.

"Kami menunggu instruksi dari pusat untuk pencairannya. Intinya kami sudah mengantisipasi rencana kenaikan gaji pokok PNS itu," katanya.

Menurutnya, kenaikan gaji pokok PNS otomatis akan berpengaruh pada besaran tunjangan penghasilan pegawai (TPP). Sebab, penghitungan besaran TPP berdasarkan prosentase dari gaji pokok.

"Otomatis berpengaruh dengan tunjangan pegawai. Kalau jumlah pegawai di Pemkot Blitar sekitar 3.000-an pegawai," ujarnya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved