Berita Surabaya

Media Visit Siswa SD Takmiriyah ke Harian Surya, Berani Jadi Jurnalis

Pelatihan ini diharapkan bisa memberi wawasan siswa siswi SD Takmiriyah tentang dunia jurnalistik maupun kemampuan dasar seorang jurnalis

Media Visit Siswa SD Takmiriyah ke Harian Surya, Berani Jadi Jurnalis
istimewa
Manajer Online Harian Surya Adrianus Adhi menjelaskan tentang dunia jurnalistik ke siswa SD Takmiriyah 

SURYA.co.id | SURABAYA - Siswa-siswi SD Takmiriyah terlihat antusias saat melihat proses percetakan di Harian Surya. Pertanyaan demi pertanyaan kritis mereka lontarkan karena ingin tahu proses peliputan berita hingga percetakan.

Manajer Online Harian Surya Adrianus Adhi menjelaskan tentang dunia jurnalistik. Termasuk hal hal yang harus dimiliki seorang jurnalis. Media visit ke Harian Suraya dan She Radio merupakan rangkaian dari Pelatihan Jurnalistik dengan tema Menjadi Jurnalis Cilik, Siapa Takut?

Pelatihan ini kerjasama DHCreate Media bersama SD Takmiriyah. Humas DHCreate Media, Firzah, mengatakan pelatihan ini untuk mengasah kepekaan anak anak terhadap peristiwa di sekitar.

Menjadi jurnalis, kata Firzah, bisa dilakukan sejak kecil. Tak harus menunggu dewasa saat mereka memilih profesi jurnalis.

Kepekaan itu bisa diasah sejak dini, yakni dengan mengamati peristiwa di sekitar lalu menganalisisnya, melaporkan dan menuliskannya dalam sebuah berita.

"Meskipun dalam bentuk berita sederhana tidak masalah. Setidaknya memenuhi unsur 5W+1H," ujar Firzah.

Berita itu, kata dia, bisa ditulis di media sosial mereka. Entah Facebook, Instagram, YouTube maupun Blog.

Pelatihan ini diharapkan bisa memberi wawasan siswa siswi SD Takmiriyah tentang dunia jurnalistik maupun kemampuan dasar seorang jurnalis.

"Mereka ternyata sangat antusias dan kritis," ungkapnya.

Sebelumnya, siswa-siswi SD Takmiriyah juga mengikuti hunting berita di lapangan.

Spot yang dikunjungi antara lain Kantor Pos Besar Kebonrojo, sentra kuliner, maupun bikin cerpen dan puisi.

Waka Kesiswaan SD Takmiriyah, Ismail Marzuki, berharap kemampuan menulis anak didiknya meningkat dengan mengikuti pelatihan ini.

Kepekaan siswa terhadap peristiwa di sekitar juga terasah sehingga bila kelak mereka berkeinginan menjadi jurnalis sudah mempunyai bekal untuk itu.

"Pelatihan dan media visit ini penting dan sangat bermanfaat untuk mereka," imbuh Ismail.

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved