Alasan KPI Minta 11 Stasiun TV Hentikan Tayangan Iklan Shopee BLACKPINK, Salah Satunya Terkait Norma

Alasan KPI Minta 11 Stasiun Televisi Hentikan Tayangan Iklan Shopee Blackpink, Salah Satunya Terkait Norma

Instagram/blackpinkofficial
Blackpink 

SURYA.co.id | Jakarta -Polemik tayangan iklan Shopee BLACKPINK ditanggapi oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Selasa, 12 Desember 2018, KPI meminta tayangan iklan Shopee BLACKPINK dihentikan.

Pernyataan KPI itu diketahui melalui siaran pers di laman KPI.go.id yang dipublish pada Selasa sore.

Dalam siaran pers tersebut KPI meminta tayangan iklan Shopee BLACKPINK dihentikan. KPI juga melayangkan peringatan kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shpee BLACKPINK dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”.

Dalam situs tersebut, diungkap bahwaiklan dan program acara tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

KPI Pusat menilai muatan demikian berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano menyayangkan tampilan BLACKPINK  dalam iklan "Shopee" dan program acara "Shopee Road to 12.12 Birthday Sale"

7 Penemuan Ular di Tahun 2018, Ular Piton Bersembunyi di Dalam Selokan Hingga Masuk ke Rumah Warga

Bu Guru Malang. Pagi Kecelakaan Saat Naik Motor, Siang Kecelakaan Saat Naik Fortuner di Tol

Belum Lama Mualaf, Roger Danuarta Sudah Bertanya Soal Murtad ke Ustadz Adi Hidayat, Ini Alasannya!

FNJ Artis yang Cek In di Hotel Bareng Wawan, Suami Wali Kota Airin ternyata Blasteran Usia 19 Tahun

Hardly berharap dengan dikeluarkannya surat perinhatan dari KPI ini lembaga penyiaran segera melakukan perbaikan internal dan menghentikan iklan BLACKPINK ini.

"Kami meminta kepada produsen, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi untuk senantiasa memperhatikanbrand safety, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan."

"Surat peringatan juga ditembuskan pada Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) agar sesuai dengan MoU yang pernah ditanda-tangani bersama KPI, P3I melakukan pengawasan dan evaluasi iklan agar sesuai dengan etika pariwara dan norma yang berlaku di masyarakat," jelas Hardly.

Dengan dikeluarkannya surat peringatan dari KPI, Hardly berharap lembaga penyiaran segera melakukan perbaikan internal dengan menghentikan penayangan iklan & progam acara itudan enggantinya dengan tampilan lain yang tidak menimbulkan persepsi negatif.

Halaman
12
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved