Berita Jember

Tolak Penambangan Emas, 3 WNA dan Staf Dinas ESDM Jatim 'Diamankan' Warga Silo Jember

warga mengamankan tamu itu karena curiga kedatangan mereka terkait penambangan emas Blok Silo di desa tersebut

Tolak Penambangan Emas, 3 WNA dan Staf Dinas ESDM Jatim 'Diamankan' Warga Silo Jember
istimewa
Kapolres Jember membawa 3 WNA keluar dari kerumunan warga Silo. Kedatangan para WNA ini diduga ada kaitannya aktivitas penambangan emas di Silo yang ditolak warga 

SURYA.co.id | JEMBER - Warga Desa Pace, Kecamatan Silo, mengamankan beberapa orang pendatang, Rabu (5/12/2018). Mereka yang diamankan itu terdiri atas tiga warga negara asing (WNA), staf Dinas ESDM Provinsi Jatim, penerjemah, dan beberapa orang sopir.

Menurut tokoh agama Desa Pace, Kecamatan Silo, H Taufiq Nurahmadi, warga mengamankan tamu itu karena curiga kedatangan mereka terkait penambangan emas Blok Silo di desa tersebut.

"Kami membuat posko sejak September lalu, dan melakukan ronda untuk memantau tamu yang datang. Kami lakukan sweeping," kata Taufiq.

Pihaknya mendapat kabar akan ada tamu dari luar Pace hari ini sekitar pukul 08.30 WIB. Warga pun bersiaga. Mereka kemudian menghentikan tiga mobil.

"Sebenarnya ada lima mobil, namun yang dua berhasil kabur. Tiga mobil yang kami amankan. Di dalam mobil ada WNA-nya," beber Taufiq.

Taufiq menambahkan, awalnya mereka yang berada di dalam mobil tidak mau keluar. Di sisi lain, jumlah warga semakin banyak.

Akhirnya, Taufiq menelepon Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

"Karena jumlah warga semakin banyak, dan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, saya pun telepon Pak Kapolres," imbuhnya.

Setelah polisi datang dengan dipimpin Kapolres Jember Kusworo Wibowo, para pendatang mau keluar dari mobil.

Para pendatang sempat didudukkan di posko penolakan penambangan emas. Setelah beberapa menit kemudian, para pendatang itu dibawa ke Mapolres Jember.

Taufiq menegaskan warga Pace menolak penambangan emas di Silo.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved