Sambang Kampung

Kampung Jemur Wonosari Terlihat Asri dan Rindang Berkat Tanaman Rambat untuk Gapura

Kondisi itu juga terlihat di salah satu gang di kawasan RT 4 RW 4 Kelurahan Jemur Wonosari, yang kini terlihat asri dan rindang.

Kampung Jemur Wonosari Terlihat Asri dan Rindang Berkat Tanaman Rambat untuk Gapura
SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
Kampung Jemur Wonosari Terlihat Asri dan Rindang Berkat Tanaman Rambat untuk Gapura 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampung-kampung di Surabaya terus berbenah dengan beragam inovasi, untuk mengubah wilayahnya yang gersang dan padat penduduk, menjadi hunian yang asri dan nyaman.

Kondisi itu juga terlihat di salah satu gang di kawasan RT 4 RW 4 Kampung Jemur Wonosari, di Kelurahan Jemur Wonosari, Surabaya yang kini terlihat asri dan rindang.

Salah satu inovasi warga setempat, dengan membuat gapura alami dari beragam tanaman rambat di beberapa titik sepanjang gang kampung.

Karang Wreda Cipto Ning Balongsari Berprestasi, Ajak Lansia Berpikir tapi Tidak Banyak Pikiran

Karang Wreda Cipto Ning Balongsari Galakkan Bina Keluarga Lansia

Tak hanya rindang, tanaman ini juga kerap dipanen warga saat sudah bisa dimanfaatkan. Mulai dari markisa, labu siam hingga tanaman obat, ditanam sebagai menjadi gapura alami.

Sejumlah mahasiswa UINSA yang tinggal sementara di kawasan itu juga terkesan dengan lingkungan kampung tempat mereka tinggal.

Rerimbunan tanaman di kampung, membuat mereka bisa melepas lelah sambil berjalan kaki sepulang dari kampus.

Siti Rochmaniah (21), mahasiswa UINSA yang kerap melintas di gang itu, jatuh cinta dengan kawasan kampung yang terkesan sejuk ini dibandingkan kawasan lain yang terlihat padat dengan kos-kosan.

“Di sini tiap siang bisa meredam panasnya Surabaya, udaranya lumayan bersih. Jadi kayak nggak di Surabaya,” urai Siti.

Ia tak jarang bisa mendapat sayuran hasil panen warga untuk dicicipi. Sehingga, bisa membangun suasana harmonis di kampung.

Tak miliki lahan
Susilo, Ketua RT 4 RW 4 Kampung Jemur Wonosari mengungkapkan, upaya warga membangun gapura alami ini merupakan bentuk inovasi untuk meningkatkan jumlah tanaman yang ada di kampung.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved