Berita Surabaya

Kabar Gembira, Akhir Desember 2018 Tol Wilangan - Kertosono Beroperasi, Tol 38,75 Km Tinggal Finis  

Ruas jalan tol Wilangan - Kertosono bakal dioperasikan pada akhir Desember 2019. Dengan dioperasikan ruas tol itu arah selatan Jatim akan nyambung.

Kabar Gembira, Akhir Desember 2018 Tol Wilangan - Kertosono Beroperasi, Tol 38,75 Km Tinggal Finis  
surya/fatkhul alamy
Ruas jalan tol Wilangan-Ngawi yang sudah difungsikan, Jumat (4/5/2018). Akhir Desember 2018 Jalan tol Wilangan - Kertosono dioperasionalkan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ruas jalan tol Wilangan - Kertosono bakal dioperasikan pada akhir Desember 2019. Dengan dioperasikan ruas tol tersebut arah selatan Jatim tahun ini akan nyambung setelah tol Solo-Ngawi diresmikan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim Gatot Hadi Sulistiyo menuturkan bahwa ruas tol Jakarta hingga Surabaya nanti akan nyambung.

"Operasional Tol Wilangan-Kertosono sekitar akhir Desember," kata Gatot, Rabu (5/12/2018).

 Namun itu adalah estimasi waktu yang sudah ditetapkan. Mengenai kapan waktu persis operasionalnya bergantung dibukanya secara resmi oleh Pemerintah pusat. Bisa jadi Presiden Jokowi akan meresmikan tol sepanjang 38,75 KM ini.

Gatot menuturkan bahwa pembangunan tol Wilangan-Kertosono akan dituntaskan pada akhir 2018. Saat ini, update dan proses pembangunan tol Wilangan-Kertosono tinggal finishing. Proyek jalan bebas hambatan ini sudah mencapai 90 persen. 

"Kami optimis Minggu kedua Desember, atau paling lambat akhir Desember 2018, tol Wilangan-Kertosono akan selesai dan diresmikan oleh bapak Presiden Jokowi," kata Gatot.

 Proyek infrastruktur jalan yang dikerjakan dengan APBN tersebut tinggal menyisakan pekerjaan aksesoris atau pelengkap ruas tol. Bangunan utama berupa hamparan jalan cor sudah tuntas.

 Saat ini penyempurnaan dan pelengkap tol itu adalah guard rail pengaman jalan, lampu,  MCB (Median Concrete Barier) dan overpass (jalan layang).

 "Kalau jalannya sudah nyambung dan siap dilalui kendaraan. Memang butuh waktu yang relatif lama mengerjakan pelengkap ini," kata Gatot.

 Jika tol Wilangan-Kertosono sudah diresmikan, lanjut Gatot, maka pada akhir tahun 2018, tol Jakarta akan tembus ke Surabaya. Bahkan, mungkin sampai ke Probolinggo. Sebab saat ini sudah henda dituntaskan ruas jalan hingga Probolinggo itu. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved