Berita Surabaya

Sistem Portofolio SBMPTN Jadi Atensi Dekan Keolahragaan Seluruh Indonesia, Ini Penyebabnya

Seleksi keterampilan untuk bidang olahraga tetap penting dilaksanakan. Ini untuk mencari potensi dan kualifikasi para calon mahasiswa

Sistem Portofolio SBMPTN Jadi Atensi Dekan Keolahragaan Seluruh Indonesia, Ini Penyebabnya
ist
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perubahan mekanisme dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jadi perhatian Dekan Keolahragaan seluruh Indonesia.

Hal ini menjadi perhatian dalam forum di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (4/12/2018).

Ketua Tim Rekomendasi Forum Dekan Keolahragaan se-Indonesia, Wahyudi mengatakan sistem portofolio yang mempercayakan sekolah dan pengalaman kejuaraan untuk melihat prestasi di bidang olahraga belum bisa menunjukkan potensi maksimal setiap calon mahasiswa baru.

"Seleksi keterampilan untuk bidang olahraga tetap penting dilaksanakan. Ini untuk mencari potensi dan kualifikasi para calon mahasiswa," ujarnya menyampaikan rekomendasi dari Dekan Keolahragaan seluruh Indonesia yang berasal dari 16 Perguruan Tinggi.

Seperti diketahui untuk SBMPTN 2019 mendatang, panitia menetapkan mahasiswa yang mengambil jurusan olahraga cukup dengan menyertakan portofolio, tidak lagi seperti sebelumnya dengan tes keterampilan di awal saat pendaftaran.

Maka dari itulah, Forum Dekan Keolahragaan se-Indonesia itu hadir untuk melakukan kajian dan memberikan masukan kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

"Tim rekomendasi tersebut juga akan melakukan penilaian sejauh mana efektivitas jalur Portofolio yang akan digunakan dalam SBMPTN 2019 itu,"lanjutnya.

Kualifikasi mahasiswa hasil dari tes portofolio itu akan dibandingkan dengan kualifikasi mahasiswa yang mengikuti tes keterampilan.

Tapi biasanya, berdasarkan pengalaman tim di fakultas masing-masing, dari segi skill jauh lebih baik menggunakan tes keterampilan dibanding tes portofolio.

Pria yang juga sebagai Ketua Prodi S2 Pendidikan Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali itu menegaskan dalam forum tersebut sudah disepakat, untuk seleksi masuk perguruan tinggi tidak bisa mengandalkan portofolio saja.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved