Breaking News:

Rumah Politik Jatim

Djaja Laksana, Pencetus Teori Bernoulli untuk Solusi Lumpur Lapindo, Masuk PSI

Djaya Laksana optimistis Jokowi akan berkomitmen menutup Semburan tersebut dengan menerapkan teori Bernoulli.

surya/bobby constantine koloway
Djaya Laksana (tengah) saat ditemui di Surabaya, Minggu (2/12/2018). Djaya mengambil langkah besar pada pemilihan umum mendatang dengan bergabung di Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Peneliti lumpur Lapindo, Djaja Laksana, mengambil langkah mengejutkan pada pemilihan umum mendatang. Alumni Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) ini bergabung dengan partai baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Djaja Laksana merupakan salah satu peneliti yang terkenal memopulerkan teori Bernoulli untuk mengatasi semburan lumpur lapindo. Menurutnya, teori Bernoulli dipercaya mampu menghentikan lumpur panas.

Caranya dengan membuat bendungan melebihi total head (ketinggian maksimal) semburan yang dibuat melingkari pusat semburan. Dengan mengetahui total head semburan, maka semburan dapat dikendalikan dan dihentikan saat itu juga.

Konsep ini juga meminimalisasi potensi subsiden karena bendungan yang dibangun akan kembali mengalirkan lumpur ke dalam tanah, dan menutup rongga tanah yang kosong.

Namun, hingga saat ini penerapan teori tersebut belum dapat diterapkan.

Di partai besutan Grace Natalie ini, Djaya langsung masuk dalam jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jatim.

Kepada Surya.co.id, Djaja pun mengungkapkan alasannya bergabung dengan partai bernomor urut 11 ini.

Menurutnya, sebagai partai baru, PSI membawa tujuan kenegaraan yang sesuai dengan semangatanya, yakni, partai yang bersih dan anti-korupsi.

”Saya cenderung memilih partai yang bersih dan anti-korupsi,” tandasnya kepada Surya.co.id di Surabaya, Minggu (2/12/2018).

Djaja pun berkomitmen untuk ikut menyukseskan PSI. Baik di pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved