Berita Surabaya

UK Petra Raih Akreditasi Institusi A dan Anugerah Kampus Unggulan

Universitas Kristen Petra menerima akreditasi A dari BAN-PT. Tak hanya itu, mereka juga mendapat anugerah Kampus Unggulan.

UK Petra Raih Akreditasi Institusi A dan Anugerah Kampus Unggulan
ist
Rektor UK Petra, Prof Djwantoro Hardjito (ketiga dari kiri) bersama rektor universitas lainnya saat meraih anugerah perguruan tinggi unggulan di lingkungan L2Dikti wilayah VII dalam Raperkim, Rabu (28/11/2018) malam 

SURYA.co.id | SURABAYA - Universitas Kristen Petra (UK Petra) menerima Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang mengumumkan melalui websitenya pada Rabu (28/11/2018).

Legalitas akreditasi perguruan tinggi ini tertuang dalam Surat Keputusan bernomor 323/SK/BANPT/Akred/PT/XI/2018, menyatakan UK Petra meraih akreditasi A.

“Puji syukur berkat penyertaan Tuhan keluarga besar UK Petra sangat bahagia mendengar kabar ini. Prestasi ini sebagai konfirmasi atas kerja keras, dedikasi dan kualitas unggul yang sudah dijaga selama ini," ungkap Prof Djwantoro Hardjito, rektor UK Petra.

Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, saat ini di Indonesia tercatat ada 4.698 PT di Indonesia.

Sedangkan sampai hari ini, yang terakreditasi baru berjumlah 1.805 dan hanya 73 Perguruan Tinggi di antaranya yang terakreditasi A.

Akreditasi Perguruan Tinggi merupakan suatu proses evaluasi terhadap institusi pendidikan tinggi secara menyeluruh untuk menguji komitmen institusi tersebut terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemennya berdasarkan standar akreditasi yang telah ditetapkan.

Penilaian ini dilakukan setiap lima tahunan. UK Petra telah melakukan persiapan cukup lama, sejak Agustus 2017.

Kurang lebih selama satu tahun, tim akreditasi UK Petra telah menyiapkan borang yang dibutuhkan oleh BAN-PT. “Melaporkan apa yang sudah dikerjakan selama ini," tambah Djwantoro.

Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini terus berupaya mempertahankan prestasi bahkan telah mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional.

“Berita bahagia ini tidak berhenti sampai disini saja. Berikutnya menghadapi era disruptif kami sedang menyiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional. Sebab zaman terus berubah dan kami perlu terus mengikuti perkembangan zaman, agar mahasiswa UK Petra siap menghadapi perubahan jaman ini,"urai Djwantoro.

Anugerah Kampus Unggulan

Bersamaan dengan itu, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII (LLDIKTI Wilayah VII) juga menganugerahi UK Petra sebagai Perguruan Tinggi Unggulan untuk kategori Universitas bersama perguruan tinggi lainnya.

"Anugerah kampus unggulan oleh LLDIKTI Wilayah VII, anugerah ini dilakukan setiap tahun. LLDIKTI setiap tahunnya mengevaluasi kinerja semua Perguruan Tinggi swasta di Jawa Timur,"urainya.

Sejak tahun 2009, UK Petra terus mendapatkan Anugerah Kampus Unggulan dari LLDIKTI Wilayah VII ini. Djwantoro menjelaskan, prestasi Akreditasi Perguruan Tinggi peringkat A dan Anugerah Kampus Unggulan ini merupakan hal yang amat penting.

Selain sebagai tolak ukur kualitas PT juga tata kelola institusi tersebut. Tak hanya itu saja, saat ini banyak perusahaan pencari kerja yang mencari lulusan yang berasal dari PT yang terakreditasi A.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved