Berita Sidoarjo

Terapkan Konsep Baru Penanganan Sampah di Sidoarjo Tahun 2019, Dinas dan Wilayah Harus Sinkron

Sosialisasi dan berbagai hal harus terus digencarkan agar awal 2019 nanti program penanganan sampah langsung berjalan bagus.

surya/m taufik
Tumpukan sampah memenuhi Kali Buntung, Kabupaten Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dalam penerapan konsep baru penanganan sampah di masing-masing kecamatan, kordinasi dan sinkronisasi antara dinas dengan kecamatan harus terjalin dengan baik.

Utamanya saat awal penerapan sistem ini tahun 2019 nanti.

"Jangan sampai ada kecamatan yang kaget ketika mendapat tugas baru yang cukup berat ini," ungkap Anggota Komisi C DPRD SIdoarjo Tarkit Erdinato.

Setelah program ini disepakati dan disiapkan anggarannya, kader PDIP ini juga meminta kepada DLHK dan PUPR untuk lebih intens berkordinasi dengan masing-masing kecamatan.

Sosialisasi dan berbagai hal harus terus digencarkan agar awal 2019 nanti program penanganan sampah di masing-masing wilayah bisa langsung berjalan bagus.

Dari hasil pemetaan ke beberapa kecamatan dan hasil komunikasi dengan sejumlah pihak, kebutuhan kecamatan satu dengan lainnya dalam program ini jelas tidak sama.

"Nah, perbedaan-perbedaan itu juga harus dikordinasikan. Saat pelaksanaan nanti, jelas ada kecamatan yang sudah sangat siap, ada yang masih berusaha, dan tentu bakal ada yang belum siap dalam program tersebut," papar pria yang juga menjadi anggota Badan Anggaran DPRD Sidoarjo tersebut.

Komisi C DPRD Sidoarjo saat rapat bersama instansi terkait
Komisi C DPRD Sidoarjo saat rapat bersama instansi terkait (surya/m taufik)

Karenanya kordinasi dan sinkronisasi antara satu wilayah dengan wilayah lain, serta sinkronisasi antara wilayah dengan dinas sangat penting dalam pelaksanaan program baru penanganan sampah di Sidoarjo.

Sinergitas antara dinas dengan wilayah, dan sinergitas antarwilayah itu juga termasuk kebutuhan peralatan, personil, dan sebagainya.

Karena wilayah satu dengan wilayah lain, tentu beda kondisi dan kebutuhannya.

Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved