Berita Sidoarjo

Inisiatif DPRD Sidoarjo Atasi Masalah Sampah : Percayakan Penanganannya di Kecamatan

Masing-masing kecamatan di Kabupaten Sidoarjo diharapkan bisa menangani sampah di wilayahnya.

Inisiatif DPRD Sidoarjo Atasi Masalah Sampah : Percayakan Penanganannya di Kecamatan
surya/m taufik
Kondisi tumpukan sampah dj pinggir Jalan Bluru Kidul, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (31/10/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Secara swadaya, masing-masing kecamatan di Kabupaten Sidoarjo diharapkan bisa menangani sampah di wilayahnya.

Mulai dari proses pengambilan sampah di rumah-rumah penduduk maupun sampah di tempat-tempat umum, hingga proses pengolahan di TPST (tempat pengolahan sampah terpadu) semua ditangani sendiri oleh kecamatan.

"Sampah merupakan problem kota yang harus ditangani dengan serius. Karena persoalan ini terkait dengan kelayakahan hidup masyarakat. Penanganan sampah sangat erat kaitannya dengan persoalan banjir dan kesehatan masyarakat," ungkap Ketua DPRD Sidarjo Sullamul Hadi Nurmawan, Selasa (27/11/2018)

Dewan berinisiatif, penanganan sampah dipercayakan ke masing-masing kecamatan.

Alasannya, kecamatan lebih dekat dengan desa dan masyarakat, sehigga lebih fleksibel dalam menangani urusan tersebut.

Ide tersebut sudah dibahas dengan Pemkab Sidoarjo, dan telah disepakati. Mulai tahun 2019 nanti, persoalan sampah di wilayah ditangani oleh masing-masing kecamatan.

"Dalam realisasinya, telah disepakati pengadaan peralatan, perlengkapan dan sebagainya. Diantaranya, pengadaan satu truk sampah plus sopir dan kernetnya di setiap kecamatan," urai Wawan, panggilan Sullamul Hadi Nurmawan.

Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan
Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan (surya/m taufik)

Dari sana, kemudian dalam pembahasan yang dilakukan di dewan, berkembang dengan memberikan kewenangan dan sebagainya dalam pelaksanaan penanganan persoalan sampah di masing-masing kecamatan.

Dengan begitu, lanjut Wawan, ketika ada sampah tercecer atau sampah di tempat yang bukan selayaknya, Camat bisa langsung mengambil tindakan.

Demikian halnya instansi antasnya, ketika ada persoalan sampah di wilayah tertentu, tinggal kordinasi dengan camat setempat.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved