Berita Situbondo

Merasa Surat Lengkap & Tak Pernah Jual, Kakek 88 Tahun di Situbondo Ini Didakwa Caplok Tanah Tambak

Salman mengaku tanah tambak itu memang miliknya sendiri dan tidak pernah menjual kepada pihak manapun

Merasa Surat Lengkap & Tak Pernah Jual, Kakek 88 Tahun di Situbondo Ini Didakwa Caplok Tanah Tambak
surya/izi hartono
H Salam mengenakan kopyah putih saat didampingi kuasanya hukumnya, Yudistira Nugroho di ruang pengacara di PN Situbondo. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Seorang kakek tua di Situbondo, harus duduk di ruang persidangan Pengadilan Negeri (PN) Situbondo, Selasa (27/11/2018). Kakek berusia 88 tahun bernama H Salman, warga Dusun Karang Gedang, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran ini, didakwa diduga menyerobot atau menguasai tambak seluas 13 hektare oleh pihak PT Situbondo Refinary Industri (SRI).

Sidang dipimpin langsung Ketua PN Situbondo, Toetik Ernawati, Selasa (27/11/2018), dengan agenda pembacaan dakwaan.

Dalam sidang perdana tersebut, terdakwa Salman didampingi dua pengacaranya, yakni Yudiatira Nugroho SH dan Musram Doso SH.

Kepada Surya, Salman mengaku dirinya tidak merasa mencaplok tanah milik PT SRI, melainkan tanah tambak itu memang miliknya sendiri dan tidak pernah menjual kepada pihak manapun.

"Itu tambak milik saya dan saya tidak pernah menjualnya. Saya sejak dulu sudah mengelola tambak itu," kata Salman usai persidangan.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Amsumo, menantu H Salman, bahwa mertuanya tidak pernah menggadaikan ataupun menjual tanah tambak kepada siapapun.

"Semua suratnya masih lengkap kok. Ada petoknya dan saya tidak mengada ngada," tukas Amsumo.

Sementara itu, kuasa hukum H Salman Yudiatira mengatakan, kliennya didakwa menyerobot tanah, padahal sejatinya kliennya menguasai tanah itu sejak 1957.

Menurutnya, dirinya tidak paham apa dasar dari pihak PT SRI melaporkan orang tua itu.

Padahal kata Yudistira, persoalan ini sudah masuk rana kasus perdata, namun entah bagaimana, pihak PT SRI memaksakan melalui Polda Jatim melaporkan Salman ini ke ranah pidana.

Halaman
12
Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved