Berita Surabaya

Dirut PDAM Surabaya Pesimis Proyek Umbulan Akan Sampai Surabaya Tepat Waktu

Dirut PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman pesimistis di tahun 2019 suplai air dari sumber mata air Umbulan bisa sampai Surabaya tepat waktu.

Dirut PDAM Surabaya Pesimis Proyek Umbulan Akan Sampai Surabaya Tepat Waktu
surya/galih lintartika
sumber Mata Air Umbulan di Kabupaten Pasuruan 

SURYA.co.id | SURABAYA - Harapan untuk bisa mendapatkan tambahan suplai air bersih di Kota Surabaya yang bersumber dari mata air Umbulan diperkirakan tidak akan terwujud dalam waktu dekat. 

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman mengaku pesimistis di tahun 2019 air dari sumber mata air Umbulan yang direncanakan akan sampai Surabaya bakal terealisasi tepat waktu.

"Hampir pasti molor. Kan rencananya akan sampai Surabaya itu Agustus 2019, ya kalau benar begitu tentu kita bersyukur. Namun jika tidak, maka kita harus siapkan langkah antisipasi," kata Mujiaman pada Surya, Selasa (27/11/2018).

Untuk itu, di tahun 2019 mendatang, Mujiaman mengaku sudah memikirkan untuk mengadakan upgrading kapasitas produksi air besih.

Sebab kalaupun ada tambahan dari proyek umbulan, tambahannya sekitar 1000 liter per detik.

Jadwal Pengumuman Hasil Tes SKD CPNS 2018 Telah Ditetapkan. Ini Jadwalnya

Mujiaman mengatakan, penyaluran air itu ke Surabaya cukup menemui kendala. Sebab harus memasang pipa besar berdiameter 1,7 meter dari pasuruan sampai ke Gresik.

"Membangun jaringan lintas kota pastinya rumit, apalagi penanaman pipanya juga di wilayah yang susah, kendala itu bisa saja terjadi. Maka kita sudah memiliki planning di tahun 2019 kita ada upgrading untuk produksi air bersih," kata Mujiaman.

Ia mengatakan sampai akhir tahun 2018 ini, PDAM Surya Sembada sudah meningkatkan produksi hingga 400 liter per detik.

Tahun 2019 dikatakan Mujiaman jumlah peningkatan kapasitas produksi PDAM juga akan ditingkatkan sekitar  400 hingga 500 liter per detik lagi.

"Kami akan lakukan peningkatan produksi dengan memanfaatkan sumber kali Brantas. Caranya ya dengan optimasi peralatannya, sebab ternyata di tahun ini kami buktikan bahwa optimasi ini bisa menjadi metode peningkatan kapasitas produksi air bersih kita," kata Mujiaman.

Selain itu, Mujiaman mengatakan bahwa setiap tahun memang ada peningkatan jumlah konsumsi air bersih di Surabaya. Seiring dengan bertambahnya penduduk, tumbuhnya sektor ekonomi, pertumbuhan hotel mall dan apartemen.

Maka hal itu menjadi pendorong PDAM Surya Sembada bisa terus meningkatkan kapasitas produksi guna memenuhi kebutuhan warga dan Kota Surabaya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved