Berita Surabaya

Cara Mudah Mengurus KK dan KTP Rusak Akibat Banjir atau Kebakaran di Surabaya. Gratis!

Inilah cara mudah mengurus KK dan KTP rusak akibat banjir atau kebakaran di Surabaya. Gratis!

Cara Mudah Mengurus KK dan KTP Rusak Akibat Banjir atau Kebakaran di Surabaya. Gratis!
surya/david yohanes
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Torik

SURYA.co.id | SURABAYA -  Cara mudah mengurus Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang rusak atau hilang akibat banjir dan kebakaran diungkapkan Dinas Kependudukan Pemkot Surabaya.

Seluruh biaya mengurus KK dan KTP rusak di Surabaya tidak dibebani biaya alias gratis.

Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya menegaskan akan memberikan kemudahan penggantian surat-surat penting yang rusak atau hilang karena bencana.

Kasi Pindah Datang Dispendukcapil Kota Surabaya, Relita Wulandari, menjelaskan jika berkas-berkas kependudukan seperti Kartu Keluarga, atau KTP lenyap atau rusak akibat bencana seperti kebakaran rumah atau banjir, bisa langsung menghubungi pihak kecamatan.

Caranya, hanya dengan meminta surat keterangan hilang ke Polsek setempat, untuk mendapatkan bukti kalau surat-surat penting tersebut benar-benar hilang.

"Bawa surat keterangan hilang dari polisi, lalu dibawa ke (kantor) kecamatan untuk diterbitkan kembali," ujar Relita, Senin (26/11/2018).

Ia menambahkan, untuk pengurusan berkas kependudukan yang hilang, tidak perlu sampai ke Dispendukcapil Kota Surabaya, cukup hanya mendatangi kantor kecamatan setempat.

Selain itu, Relita juga menjelaskan untuk masalah pengurusan surat yang hilang, di kantor Kecamatan tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Tidak, tidak ada biaya apapun," pungkas Relita. (*)

Editor: Tri Mulyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved