Rumah Politik Jatim

Demi Kualitas Pendidikan, Hayono Isman Komitmen Perjuangkan Aspirasi Guru

Hayono Isman ingin terus berupaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan para guru.

Demi Kualitas Pendidikan, Hayono Isman Komitmen Perjuangkan Aspirasi Guru
surya/adrianus adhi
Hayono Isman (mengenakan baju batik), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Kabinet Pembangunan VI yang saat ini maju sebagai calon Anggota DPR RI melalui partai Nasdem dari dapil Jawa Timur I 

SURYA.co.id - Calon anggota DPR RI dapil Jatim I dari partai NasDem, Hayono Isman, mengatakan peran guru sangat besar untuk kemajuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, guru harus diperhatikan.

Hayono berpendapat, guru adalah seorang pahlawan yang harus selalu diperhatikan. Sebab tanpa guru, menurutnya akan sangat sulit menjadikan generasi muda sebagai generasi yang cerdas dan berkualitas.

"Bagi kita, para guru adalah pahlawan Indonesia. Tanpa guru tidak kungkin bangsa ini bisa maju. Tanpa guru pula tidak mungkin anak-anak kita, cucu-cucu kita bisa mengalahkan bangsa-bangsa lain. Oleh karena itu, guru memang harus diperhatikan," kata Hayono Isman di Workshop Guru dan Kepala Sekolah: Publikasi Ilmiah Guru & Angka Kreditnya, di mall BJ Junction, Surabaya, Jumat, (23/11/2018).

Hayono menjelaskan di era reformasi ini perhatian negara terhadap guru sudah jauh lebih baik. Menurutnya, hari ini sudah ada penyetaraan antara guru swasta dengan guru negeri.

"Alhamdulillah hal itu bisa diwujudkan oleh pemerintah. Kita patut bersyukur kemajuan pendidikan sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri," ucapnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Kabinet Pembangunan VI ini, ingin terus berupaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan para guru.

Dengan memperhatikan kesejahteraan guru, kualitas pendidikan dinilai akan lebih meningkat.

Ditegaskan Hayono, peningkatan kesejahteraan guru tersebut tidak hanya bagi guru-guru di sekolah negeri saja. Tetapi, kesejahteraan guru-guru di sekolah swasta juga perlu ditingkatkan.

"Kita juga tidak boleh melupakan peran sekolah swasta. Karena tidak semua anak didik bisa ditangani sekolah negeri," tegasnya.

Namun, Hayono juga berharap mengingat tantangan zaman di era reformasi ini yang semakin kompleks, maka peningkatan kesejahteraan guru harus pula dibarengi dengan peningkatan kompetensi.

"Ke depan kegiatan semacam ini harus terus berlanjut. Karena saat ini kita tidak hanya haus akan ilmu, anak-anak kita butuh akan ilmu supaya lebih baik dari pada kita hari ini," tandasnya.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved