Belajar Dari Kasus Baiq Nuril, Perlu Ada Pembenahan di UU ITE

Calon anggota legislatif dari Partai Nasdem, Silkania Swarizona, menganggap harus ada pembenahan dalam UU ITE.

Belajar Dari Kasus Baiq Nuril, Perlu Ada Pembenahan di UU ITE
Kompas.com/fitri
Baiq Nuril 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Torik

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Nasdem, Silkania Swarizona, menganggap harus ada pembenahan dalam UU ITE

Hal itu dia nyatakan setelah mempelajari kasus Baiq Nuril yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung karena dianggap melanggar UU ITE

Dia mengatakan, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mencatat pengguna UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebanyak 35 persen adalah pejabat dan 29 persen profesional. Sedangkan tersangkanya sebagian besar orang awam.

Menurut Silkania, UU ITE pada mulanya memang dibuat agar masyarakat lebih hati-hati dalam bermedia sosial dan saat menggunakan teknologi lainnya.

Namun dalam praktiknya, banyak orang awam yang menjadi korban, khususnya kaum perempuan.

"UU ITE memang terbukti cukup efektif, tapi juga menjadi kontradiksi, mungkin ada bagian-bagian yang direvisi ulang, dan banyak hal yang perlu dibenahi, karena mungkin UU sekarang banyak yang multi tafsir dan tidak ramah gender terutama tidak woman friendly," jelas Silkania, Jumat (23/11/2018).

Ia menilai, selain menginginkan adanya pembenahan pada UU tersebut, kasus Baiq Nuril terkait pelanggaran UU ITE, jika memang Baiq Nuril harus menerima konsekuensi hukumnya, secara adil si pelaku pelecehan seksual kepada Baiq Nuril juga harusnya diproses.

"Harusnya kalau memang pada akhirnya sesuai undang-undang harus dihukum harusnya keduanya juga diproses, jadi gak berat sebelah," ungkapnya.

Baca: Politisi Gerindra Menganggap Vonis Bersalah Dari MA Untuk Baiq Nuril Aneh

Baca: Caleg PSI Angkat Suara Soal Kasus Baiq Nuril yang Divonis Bersalah Melanggar UU ITE. Ini Katanya

 

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved