Berita Surabaya

Kepala Bekraf Triawan Munaf Ajak Pemerintah Daerah Beri Kemudahan Regulasi untuk Pelaku Startup

Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( BEKraf) Triawan Munaf mendorong pemerintah daerah memberi kemudahan dan keleluasaan kepada pelaku stratup.

Kepala Bekraf Triawan Munaf Ajak Pemerintah Daerah Beri Kemudahan Regulasi untuk Pelaku Startup
SURYA.co.id/Achmad Zaimul Haq
Triawan Munaf Be Kraf Ajak Pemerintah Daerah Beri Kemudahan Regulasi untuk Pelaku Startup 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) Triawan Munaf mendorong pemerintah daerah memberi kemudahan dan keleluasaan kepada pelaku startup.

Hal itu agar  industri startup bisa berkembang. Triawan Munaf menyampaikan itu di sela pembukaan gelaran Startup Nation Summit 2018 dengan Kota Surabaya sebagai tuan rumah dibuka hari ini, Jumat (16/11/2018) pagi.

Ia mengatakan bahwa ia sendiri merasakan langsung betapa tidak mudahnya usaha startup bisa berjalan jika tidak didukung oleh pemerintah.

"Startup harus dibuat leluasa. Terutama dari sisi regulasi, harus bisa cepat menyesuaikan dengan apa yang dilakukan startup. Saat ini di pemerintah daerah dan pemerintah pusat belum mengarah ke sana," kata Triawan.

Ia mencontohkan kendala yang paling besar adalah soal pajak. Menurutnya kini pelaku startup banyak yang sudah ditarik pajak.

Padahal usahanya bisa dikatakan masih baru merintis. Menurutnya mereka yang masih baru merintis startup sebaiknya ada regulasi khusus.

"Harus ada keberpihakan pajak pada pelaku startup. Supaya mereka bisa percaya diri dalam berinovasi. Sebab setiap sub sektor ekonomi pasti punya tantangan beda-beda, maka menurut saya kita harus analisa regulasi mana yang menghambat agar bisa disesuaikan," ucapnya.

Sebab menurutnya sebagaimana apa yang dikatakan oleh Jack Ma, owner Alibaba Group, ikan yang kecil tidak boleh dipotong. Begitu juga usaha yang baru dirintis sebaiknya tidak dipangkas oleh beban yang berat.

"Untuk menumbuhkan ekonomi kreatif bukan hanya masalah memasarkan produk. Tapi bagimana juga melakukn perbaikan rantai nilai agar gagasan dan ide bisa menjadi sesuatu yang berharga," ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan untuk Startup Nation Summit ini, pihaknya berharap akan lebih banyak pelaku usaha startup yang tumbuh.

"Yang jelas kami ingin pelaku entrepreneur mulai Pahlawan ekonomi, Pejuang Muda, Start Surabaya bisa terus bertumbuh. Saya tak bicara soal persentase tapi kami terus mendorong dengan memberikan lingkungan dan fasilitas yang baik," kata Risma.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved