Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Tambah Jalur Sepeda dan Berharap Masyarakat Kurangi Kendaraan Bermotor

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menambah jalur sepeda di sejumlah ruas jalan utama Kota Pahlawan.

Surabaya.Tribunnews.com/Fatimatuz Zahro
Penambahan jalur sepeda di Jalan Kertajaya dilakukan untuk menambah kenyamanan dan kemanan pengendara roda dua, Selasa (13/11/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menambah jalur sepeda di sejumlah ruas jalan utama Kota Pahlawan.

Penambahan jalur sepeda itu tampak di ruas frontage road Jalan Ahmad Yani, Jalan Sulawesi - Jalan Gubeng, dan Jalan Profesor Dr Moestopo sisi selatan.

Ruas jalan di sebelah kiri diberi tambahan cat berwarna hijau guna memberikan ruang khusus bagi pengendara sepeda roda dua untuk melaju di jalan raya.

Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surabaya Joko Supriyanto mengatakan penambahan jalur sepeda ini sengaja ditambahkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara roda dua.

"Tentu tujuannya agar para pengguna roda dua khususnya sepeda tidak bermotor ya, bisa lebih nyaman saat berkendara, sebab sebenarnya mereka itu cukup rentan, tidak ada pengamannya," kata Joko, Selasa (13/11/2018).

Selain itu, dalam aturan Kementerian Perhubungan, bagi setiap kota metropolitan juga disyaratkan untuk memiliki jalur sepeda.

Sehingga mereka yang ingin bermobilitas dengan sepeda bisa aman dan tetap terlindungi dengan jalur khusus.

Lebih lanjut, Joko mengatakan penambahan jalur sepeda ini juga untuk mempercantik kota dan memberikan stimulus agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan sepeda dalam bermobilitas, agar polusi juga bisa dikurangi.

"Jalur sepeda yang sedang kita garap di tiga titik itu ada yang baru ada yang memang dipertebal. Kita beri cat warna hinau dan tulisan jalur sepeda," imbuhnya.

Badan jalan yang ditambah jalur sepeda itu terutama yang sudah memiliki pedestrian dan memiliki rambu larangan parkir.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved