Berita Pendidikan Surabaya

Siswa SMA GIKI 3 Hayati Perjuangan lewat Teatrikal Merah Putih

Memperingati Hari Pahlawan, puluhan siswa SMA GIKI 3 Surabaya menggelar drama kolosal berlabel “Teatrikal Merah Putih”.

Siswa SMA GIKI 3 Hayati Perjuangan lewat Teatrikal Merah Putih
foto: farhan efendi
HEROIK - Puluhan siswa SMA GIKI 3 Surabaya menggelar drama kolosal melakonkan peristiwa heroik 10 November 1945, di halaman sekolah mereka, Senin (12/11/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memperingati Hari Pahlawan, puluhan siswa SMA GIKI 3 Surabaya menggelar drama kolosal berlabel “Teatrikal Merah Putih”, di halaman sekolah mereka, Senin (12/11/2018).

Berbekal latihan sekitar sepekan atas bimbingan sutradara sekaligus guru sejarah mereka, Ferin Marsudi Prabaari dan Lilik Soebarijati, ke-50-an siswa ini melakonkan peristiwa heroik 10 November 1945.

Adegan dimulai kedatangan tentara Sekutu, insiden penyobekan bendera Belanda di Hotel Yamato, perlawanan Arek-arek Suroboyo yang menewaskan pemimpin pasukan Sekutu Brigjen AWS Mallaby, hingga pecahnya pertempuran hebat yang disemangati oleh pidato dan seruan takbir Bung Tomo.

"Saya merasa senang, karena dengan drama kolosal ini saya dapat menghayati kegigihan dan keberanian para pejuang kita dulu,” kata seorang siswa yang memerankan sebagai laskar pejuang.

Kepala SMA GIKI 3 Surabaya Drs Nenoharan M MPd mengatakan, gelaran drama kolosal yang diprogram setiap tahun ini adalah sebagai salah satu bentuk tanggungjawab moral lembaga pendidikan kepada para peserta didik akan pentingnya realisasi nilai-nilai kejuangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan Hari Pahlawan tidak sekadar diperingati secara seremonial saja. Peringatan Hari Pahlawan di SMA GIKI 3 Surabaya dilaksanakan secara kreatif sesuai kondisi kemampuan perkembangan zaman dan tehnologi,” katanya.

“Peringatan Hari Pahlawan adalah momen bagi kita untuk mengenang, menghargai, dan menghormati jasa para pahlawan yang ikut melahirkan dan nempertahankan NKRI. Jasa mereka sangat luar biasa bagi generasi kita sekarang ini,” kata Nenoharan.

Selain drama kolosal, OSIS SMA GIKI 3 juga mengisi peringatan Hari Pahlawan dengan berbagai lomba menarik. (fae)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved