Berita Pendidikan Surabaya

Guru Kelas 6 Diminta Buat Soal Tryout untuk Persiapan USBN, Sharing Keberhasilan Sekolah Berprestasi

Guru kelas enam diminta mulai siapkan soal-soal untuk tryout jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Guru Kelas 6 Diminta Buat Soal Tryout untuk Persiapan USBN, Sharing Keberhasilan Sekolah Berprestasi
surya.co.id/sulvisofiana
Para guru kelas 6 mendapat pembekalan terkait persiapan USBN di Kantor Dindik Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Guru kelas enam diminta mulai siapkan soal-soal untuk tryout jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Enam bulan lagi siswa SD akan menempuh USBN.

Kasi Kurikulum Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya, Munaiyah, mengungkapkan untuk meningkatkan kompetensi guru, Dindik mengumpulkan guru kelas 6 Kecamatan Sukolilo, Mulyorejo, Simokerto, dan Tegalsari di SMPN 11 Surabaya, Senin (5/11/2018).

Menurutnya ada tiga hal yang dilakukan dalam pembekalan ini, pertama memotivasi guru kelas 6 untuk lebih semangat membimbing para siswa dalam meraih prestasi.

"Kedua, dalam kegiatan ini dilakukan berbagai sharing pengalaman dengan sekolah-sekolah yang pada tahun 2018 lalu capaian USBN-nya bagus, sehingga sekolah-sekolah lain dapat mencontoh untuk bersama-sama meningkatkan prestasi,"paparnya.

Ketiga, lanjutnya, dilakukan distribusi soal-soal tryout USBN dalam bentuk Compact Disk (CD) agar dapat jadikan latihan para siswa.

“Dengan pembekalan ini kami berharap agar para guru semakin semangat dan ikhlas dalam membimbing para siswa meraih prestasi,” paparnya.

Munaiyah menambahkan untuk melatih para siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian, Dindik sudah mempersiapkan 18 paket soal latihan Matematika, 17 paket soal latihan IPA, dan Bahasa Indonesia.

Menurutnya soal-soal tersebut dapat dikerjakan para siswa melalui try out online ataupun CD yang telah diberikan kepada sekolah-sekolah.

“Komposisi soal latihan selain pilihan ganda juga terdapat soal uraian, sehingga siswa dapat belajar secara optimal," pungkas Munaiyah.

Kepala Dindik Kota Surabaya Ikhsan menambahkan waktu yang cukup banyak ini diharapkan bisa dimanfaatkan guru untuk memotivasi para siswa terus mengerjakan soal try out.

"Soal-soal latihan yang dikerjakan para siswa pada try out online nanti akan diacak, jadi siswa lebih termotivasi untuk lebih bisa memecahkan soal-soal latihan,"pungkasnya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved