Berita Lamongan

Produk Tembus Luar Negeri, Usaha Aksesori Para Odapus Lamongan Ini Juga Jadi Terapi

Para Odapus ini membuktikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang mandiri yang tak bergantung dengan orang lain

surya/hanif manshuri
Aktivitas di Yayasan Graha Kupu Lamongan, tempat para Odapus berkarya sekaligus sebagai terapi. 

SURYA.co.id | LAMONGAN - Orang dengan segala keterbatasannya, ternyata tetap bisa berbuat lebih dengan segala inovasi dan kreativitasnya. Bahkan, hasilnya bisa dirasakan banyak pihak. 

Setidaknya itu dibuktikan oleh orang dengan penyakit Lupus (Odapus) Lamongan yang bisa mengelola usaha dengan karya tangannya yang ditekuni selama ini. Para Odapus yang terhimpun dalam Yayasan Graha Kupu ini membuat bisnis beragam, terutama aksesori.

Produk mereka berupa gelang, bros, kalung, cincin, dan lainnya, yang berbahan dasar tembaga dan perak. Aksesori karya para penyandang Lupus ini dikenal dengan nama Adelia Accessories.

Para Odapus ini membuktikan dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang mandiri yang tak bergantung dengan orang lain. Bahkan, produk mereka sudah merambah konsumen luar negeri.

,"Kami mandiri," tandas Aulia Sisca, dari Yayasan Graha Kupu Lamongan dalam perbincangannya dengan wartawan, Senin (29/10/2019).

Sisca mengungkapkan, mulanya ia bersama teman-tekannya mengokohkan tekad dan menghilangkan adanya anggapan yayasannya selalu bergantung pada orang lain.

Apa yang diungkapkannya itu dibuktikannya dan terbukti mampu mengantarkan Yayasan Graha Kupu Lamongan sebagai yayasan yang benar-benar mandiri.

Hasil produksinya sudah merambah beberapa negara. Aksesori hasil yayasan ini digarap serius, karena 100 persen handmade.

"Makanya pembuatannya juga membutuhkan waktu," sambungnya.

Untuk membuat bros, kalau tidak sedang sakit, bisa menghasilkan hingga 3 bros dalam sehari. Tapi kalau sedang jatuh sakit, tentu butuh waktu ekstra.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved