Single Focus

Bagaimana Mestinya Motif Batik Khas Surabaya?

Surabaya tidak pernah benar-benar punya motif batik sendiri. Andai dibuat, seperti apa motif batik khas Surabaya yang seharusnya?

Bagaimana Mestinya Motif Batik Khas Surabaya?
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Rachmawati Basuki menunjukkan lembaran kain batik kontemporer khas Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Surabaya tak memiliki budaya batik yang khas. Ibu kota Jatim ini bahkan baru memiliki ciri khas busana batik setelah munculnya batik modern, seperti Batik Semanggi, Batik Mangrove, Batik Surabaya dan Batik Teyeng.

Ketua Komunitas Batik Jatim (Kibas), Lintu Tulistyantoro menjelaskan, busana batik sebenarnya sudah dikenal sejak zaman kerajaan. Pada zaman Kerajaan Mataram atau abad 17, Surabaya atau Hujung Galuh adalah bagian dari Mataram yang berpusat di Jateng. Karena menjadi bagian Mataram, maka Surabaya terpengaruh budaya di Mataram, termasuk ciri khas batik klasik.

“Makanya, hingga pascakemerdekaan, Surabaya belum punya ciri khas batik sendiri. Para pejabat di Surabaya masih berorientasi pada batik Mataraman, yakni jenis batik parang,” paparnya, Minggu (4/11).

Era mengekor budaya batik ini terjadi mulai 1960-1990-an. Setelah itu, para pejabat di Surabaya mulai menyadari bahwa ciri khas batik Mataraman yang notabene berada di pedalaman, berbeda dengan ciri khas batik di Surabaya yang masuk daerah pesisir.

Surabaya kemudian mengubah kiblat ciri khas batik dari pedalaman ke pesisir.

“Ciri khas batik pesisir yang ada di Sidoarjo dan Madura akhirnya diikuti Surabaya. Ciri khas batik itu disebut bang-bangan,” papar Lintu.

Setelah itu, di era sekarang muncul batik-batik yang mengangkat ikon Surabaya, seperti lambang Suro dan Boyo, tanaman mangrove dan terakhir teknik batik Teyeng.

“Ini yang saat ini jadi ciri khas batik Surabaya,” pungkas pengajar Desain Interior di UK Petra ini. 

Tags
batik
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved