Berita Jember

Usai Pemeriksaan Paska OTT, Kepala Dispendukcapil Jember Ditetapkan Sebagai Tersangka Pungli

Polisi menetapkan kepala Dispendukcapil Jember Sri Wahyuniati dan Abdul Kadar sebagai tersangka pungli usai melakukan OTT

Usai Pemeriksaan Paska OTT, Kepala Dispendukcapil Jember Ditetapkan Sebagai Tersangka Pungli
surya/sri wahyunik
Kepala Dispendukcapil Jember jadi tersangka pungli saat dirilis Polres Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Polisi menetapkan dua orang tersangka dalam perkara pungutan liar (Pungli) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jember. Keduanya adalah Kepala Dispendukcapil Jember Sri Wahyuniati dan Abdul Kadar. Kadar merupakan pengepul uang dan memberikannya ke kepala Dispendukcapil.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo membeberkan penetapan tersangka ini, Jumat (2/11/2018).

"Setelah pemeriksaan, dan belum 1x24 jam kami tetapkan tersangka. Ada dua tersangka yakni kepala Dispendukcapil (Sri Wahyuniati) dan K, orang sipil," ujar Kusworo.

Keduanya sudah ditahan di Mapolres Jember. Barang bukti yang disita dalam perkara itu antara lain uang tunai Rp 10.100.000, ponsel, KTP, KK, akta kelahiran, buku catatan pemohon Adminduk, buku tabungan, dan sejumlah ATM.

Alur Pungli itu, kata Kusworo, bermula dari permohonan pemohon Adminduk kepada calo. Calo itu merupakan anak buah tersangka Kadar. Kadar bertindak sebagai pengepul uang dari calo.

Berkas dari calo diserahkan ke sopir Yuni, panggilan akrab Sri Wahyuniati. Sedangkan uang dari Kadar diserahkan ke Yuni secara langsung.

Biaya pengurusan Adminduk melalui jalur belakang itu beragam. Untuk KTP sebesar Rp 100.000, untuk KK Rp 100.000, dan untuk Kartu Identitas Anak sebesar Rp 25.000.

Sementara jika mengurusi sendiri, tidak ada biaya untuk semua Adminduk itu.

Pada Rabu (31/10/2018) malam polisi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Dispendukcapil Jl Jawa Jember. Uang tunai disita dari tangan Kepala Dispendukcapil Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved