Ekonomi Bisnis

Jadi Pintu Akses Jawa, UMKM Indonesia Timur Jaring Peluang Pasar di Surabaya

Surabaya menjadi daerah menarik bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia Bagian Timur (IBT) untuk menawarkan produk-produknya.

Jadi Pintu Akses Jawa, UMKM Indonesia Timur Jaring Peluang Pasar di Surabaya
surya/sri handi lestari
Salah seorang perajin tenun saat tampil di ajang IBT Expo yang digelar di Garden Palace Surabaya, mulai Rabu (31/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebagai pintu masuk menuju pasar potensial di Jawa, Surabaya menjadi daerah menarik bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia Bagian Timur (IBT) untuk menawarkan produk-produknya.

Ini yang jadi alasan pelaku UMKM IBT untuk turut serta tampil di ajang IBT Expo yang digelar di Garden Palace Surabaya, mulai Rabu (31/10/2018).

"Tahun ini adalah yang kedua kalinya ikut IBT. Respon positif tidak hanya saat pameran, tapi juga setelahnya. Selalu ada peningkatan penjualan dan menambah jaringan pasar," kata Alexander Pius, salah satu pengrajin tenun yang tampil diajang IBT.

UMKM memang menjadi sasaran dalam pengembangan ekonomi Indonesia, termasuk di kawasan IBT.

Menyadari besarnya potensi yang ada, pemerintah berupaya mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi ke wilayah bagian timur Indonesia.

“Dengan begitu kontribusi Indonesia Timur terhadap pertumbuhan ekonomi nasional diharapkan bisa meningkat,” kata Heru Setiati, Asisten Deputi Pemasaran Kemeterian Koperasi dan UKM, Heru Setiati saat membuka IBT Expo 2018.

Langkah IBT Center yang merupakan pusat informasi promosi perdagangan dan pariwisata Indonesia yang terintegrasi sempurna dengan berbagai fasilitas dan promosi yang berkualitas.

IBT Center dirancang sebagai pusat pelaku usaha profesional untuk menjalin komunikasi serta membangun bisnis dengan calon investor pelaku bisni maupun wisatawan.

“Indonesia Timur memiliki potensi kekayaan alam produk unggulan maupun wisata dan potensi migas yang sangat besar. Potensi migas di Indonesia Timur lebih besar daripada Indonesia Bagian Barat. Demikian juga potensi kelautan dan perikanan, potensi kehutanan, peternakan, pertambangan dan kekayaan alam seni dan budaya,” jelasnya.

Dengan melihat potensi kekayaan yang besar, masa depan Indonesia secara ekonomi berada di kawasan Indonesia Timur.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved