Pesawat Lion Air Jatuh

Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Sudah Terdeteksi, Berikut 8 Fakta Unik Mengenai Black Box

Black box Lion Air JT 610 terdeteksi. Berikut fakta unik mengenai black box, mulai dari warna yang tidak hitam hingga penyimpanan terbatas

Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Sudah Terdeteksi, Berikut 8 Fakta Unik Mengenai Black Box
Tribun Bali
Black box Lion Air JT 610 terdeteksi 

SURYA.co.id - Empat hari pasca jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, kotak hitam alias black box akhirnya terdeteksi oleh alat ping locater dari Kapal Riset (KR) Baruna Jaya milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Hal itu disampaikan oleh Kepla Badan SAR Nasional, Marsekal Madya M Syaugi, di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (31/10/2018) malam.

"Kita juga menemukan ping locator. Jadi di black box itu ada ping yang bisa berbunyi. Kita berdua mendengarkan itu, tit tit tit, suara itu terdengar," kata Syaugi dikutip dari Kompas.com artikel 'Sinyal Black Box Lion Air Terdeteksi di Kedalaman 32 Meter' pada Rabu (31/10/2018).

Sementara itu, menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, ada dua bunyi 'ping' yang terdengar.

Salah satu bunyi 'ping' terdengar lebih kencang ketimbang bunyi 'ping' lainnya.

"Itu adalah bagian black box mungkin yang satunya tertutup dengan pasir dan sebagainya. Tapi yang jelas suara itu ada, sifatnya semakin dekat semakin kencang," terang Hadi.

Melansir dari wikipedia.org, black box alias kotak hitam merupakan sebuah alat yang digunakan untuk merekam data penerbangan, seperti merekam pembicaraan pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca saat penerbangan.

Biasanya black box digunakan untuk menganalisis penyebab kecelakaan sebuah pesawat.

Dikutip dari Grid.ID artikel 'Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Inilah 8 Fakta Black Box' pada Kamis (1/11/2018), berikut fakta mengenai black box.

1. Diciptakan orang Australia

Halaman
1234
Penulis: Arum Puspita
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved