Cak Ji Ajak Kaum Muda Lebih Peka dan Jangan Apolitik

Kaum muda Kota Surabaya menyambut antusias saat diberi kesempatan singgah di rumah rakyat di DPRD Kota Surabaya.

Cak Ji Ajak Kaum Muda Lebih Peka dan Jangan Apolitik
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Dengan duduk lesehan di lobi gedung DPRD Kota Surabaya, Minggu (28/10) malam, puluhan muda-mudi milenial ini antusias dan gayeng berdialog. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kaum muda Kota Surabaya menyambut antusias saat diberi kesempatan singgah di rumah rakyat di DPRD Kota Surabaya. Anak-anak muda itu bisa berbincang dan diskusi renyah dengan politisi senior yang juga Ketua DPRD Surabaya, Ir Armuji, Minggu (28/20) malam. 

Bahkan dengan santai, obrolan politik pun tersaji. "Kami paham bahwa generasi muda relatif kurang tertarik bicara politik. Namun ini kuno. Saatnya yang muda yang menentukan masa depan bangsa melalui politik," ucap Cak Ji, panggilan akrab Armuji, memulai obrolan dengan kaum milenial.

Kalau dulu ada Jong Java, Jong Sumatera, dan lainnya, maka saat ini semua pemuda adalah satu. Tak ada lagi jarak antara pemuda di manapun. Semua komponen pemuda saatnya berkolaborasi menunjukkan prestasi terbaik mereka sesuai bidang keahliannya.

"Namun kaum milenial juga jangan apolitik. Apalagi di era digital ini menuntut pemuda lebih kritis. Lawan hoax (berita bohong) dengan prestasi," tandas Cak Ji yang meminta kaum muda harus melek politik. Politik bukan selalu berarti politik praktis. Tapi politik dalam mempersiapkan diri dan mengisi dalam era teknologi informasi ini. Era digital ini harus disambut dengan kesiapan diri, kata dia.

Ditegaskan Cak Ji, pemuda milenial harus kritis dan melawan hoax. Caranya, tunjukkan bahwa kaum muda menjawab tantangan era digitalisasi ini dengan prestasi dan prestasi.

Cak Ji mengajak kaum muda ini berlama-lama di rumah wakil rakyat. Selama tiga jam mereka cangkrukan dan berdialog santai sambil lesehan. Kadang diwarnai celetukan dan candaan lepas ala anak muda.

Bincang ringan dan cangkrukan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda itu diinisiasi oleh DPRD Kota Surabaya bersama kaum muda. Renungan Sumpah Pemuda di Gedung DPRD ini menggandeng Komunitas Speak Up Surabaya. Puluhan muda-mudi milenial itu duduk lesehan di lobi lantai satu gedung DPRD Kota Surabaya.

"Kami warnai dengan kehadiran muda-mudi yang berhasil di bidangnya masing-masing. Ada musisi, entrepreneur, akademisi, hingga pemuda sesama yang sukses," kata Nuryadi dari Komunitas Speak Up Surabaya.

"Dengan kemasan milenial, kami ingin membuat wacana politik menjadi lebih ringan dan menembus usia muda. Jangan pernah kaum muda alergi apalagi sampai apolitik," kata Nuryadi. 

Baca: Sumpah Pemuda, Cak Armuji dan Anak Muda Dialog Gayeng di DPRD Surabaya

Tags
Armuji
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved