Berita Surabaya

Dishub Surabaya akan Uji Coba Overpass Bunderan Satelit Tahap Dua, Ini Tujuannya

Irvan menegaskan pengaktifan overpass bukan merupakan solusi utama mengatasi kemacetan di Surabaya Barat.

Dishub Surabaya akan Uji Coba Overpass Bunderan Satelit Tahap Dua, Ini Tujuannya
surya/pipit maulidiya
Overpass Darmo Satelit Surabaya yang dibuka mulai Selasa (23/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pekan depan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya akan melanjutkan uji coba fungsional overpass di Bundaran Satelit. Setelah tiga hari lalu melakukan uji coba pembukaan akses overpass yang menguhungkan Ngesong-Tol Mayjend Sungkono lantaran pengerjaan underpass dimulai, Dishub merasa perlu melakukan evaluasi.

Sebab meski overpass difungsikan ternyata masih ada sejumlah titik yang masih macet dan menimbulkan penumpukan kendaraan.

"Sebenarnya dari tiga hari lalu overpass dibuka, alhamdulillah sudah banyak yang tahu kalau mau ke HR Muhammad sekarang tak usah putar balik, dari Ngesong biasanya putar balik. Namun kita di jam jam sibuk tetap membantu dengan berjaga," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, Sabtu (27/10/2018).

Irvan mengatakan dari tiga hari pembukaan akses itu, Dishub sedang melakukan evaluasi sejak kemarin dengan jajaran terkait.

Terutama dampak dan pengaruh adanya pembukaan akses overpass selama ada pegerjaan jaln underpass bundaran satelit.

"Setelah kita evaluasi, kita merasa butuh melakukan rekayasa tahap dua. Sebab saat ini banyak orang yang masih putar balik di depan SPBU, maka kita akan bagi arusnya dengan pemanfaatan jalan lokal dekat TVRI," tegas Irvan.

Selain itu hasil evaluasi juga terjadi penumpukan kendaraan di dua titik. Yaitu akses keluar dari Jalan Dukuh Kupang Barat dan arah keluar dari Jalan HR Muhammad -Ngesok juga terjadi penumpukan.

"Masalahnya masih ada di u-turn. Makanya kita akan bagi dengan mengaktifkan jalan di samping TVRI," tandasnya.

Lebih lanjut Irvan menegaskan pengaktifan overpass bukan merupakan solusi utama mengatasi kemacetan di Surabaya Barat.

Namun pemfungsian overpass dilakukan lantaran ada pengerjaan di underpass sehingga arus lalu lintas di bundaran Satelit  harus melintas di overpass.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved