Berita Gresik

Dishub akan Uji Coba Parkir Elektronik, Warga Gresik Sudah Pro-Kontra

Beberapa pengunjung Pasar Kota Gresik mengaku parkir elektronik akan membuat semakin ribet dan antrean panjang pengguna kendaraan

Dishub akan Uji Coba Parkir Elektronik, Warga Gresik Sudah Pro-Kontra
surya/sugiyono
Alat untuk kartu parkir elektronik di Pasar Kota Gresik Jl Samanhudi Kecamatan Gresik sudah terpasang. Rencananya dalam waktu pekan depan akan diuji coba, Jumat (26/10/2018) 

SURYA.co.id | GRESIK - Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik segera memberlakukan parkir elektronik di Pasar Kota Gresik. Harapan dari pemasangan alat tersebut untuk mencegah dugaan pungutan liar (Pungli) dan memberikan pelayanan terhadap pengguna kendaraan yang parkir di tepi jalan umum.

Sekretaris Dishub Gresik, AH Sinaga, mengatakan bahwa pemasangan alat parkir elektronik ini untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran parkir kendaraan saat di tempat umum.

"Untuk memberikan pelayanan itu diberlakukan parkir elektronik. Sehingga akan memberikan kenyamanan pada pengguna kendaraan," kata Sinaga, Jumat (26/10/2018).

Selain memudahkan pelayanan parkir, inovasi parkir elektronik itu juga diharapkan bisa mencegah terjadinya dugaan pungutan liar (pungli) terhadap juru parkir (Jukir).

"Nanti, dalam uji coba pada Senin depan, pemilik kendaraan yang parkir di Pasar Kota Gresik, Jl Samanhudi dapat meminta petugas parkir untuk penggunaan parkir elektronik. Sehingga tidak perlu membayar uang tunai," katanya.

Di sepanjang Jl Samanhudi Kecamatan Gresik tersebut sudah dipasang 10 unit mesin parkir elektronik yang akan diuji coba pada pekan depan.

Dalam uji coba tersebut, pelanggan tidak perlu membayar uang tunai, tapi cukup meminta menggesekkan kartu parkir elektronik oleh petugas parkir.

"Baru setelah uji coba selama sepakan lebih, Pemkab Gresik akan kerja sama dengan Bank Jatim dan bank swasta lainnya untuk langgung penggunaan kartu parkir elektronik," imbuhnya.

Rencananya, kartu parkir elektronik tersebut akan menggandeng jasa pembayaran online, sepeti Go Jek dengan aplikasi Go Pay, Brizzi, Flazz dan T-Cahs.

"Intinya kita memberikan kemudahan kepada pengendara kendaraan saat parkir di tepi jalan umum khususnya di Jl Samanhudi Kecamatan Gresik," katanya.

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved