Berita Surabaya

Presiden Jokowi Diagendakan Hadir Saat Pencanangan Penggratisan Tarif Tol Suramadu

Presiden Jokowi diagendakan datang ke Jawa Timur saat dimulainya penggratisan akses jalan tol Suramadu.

Presiden Jokowi Diagendakan Hadir Saat Pencanangan Penggratisan Tarif Tol Suramadu
ist/kompas.com-Andri Donnal Putera
Presiden Joko Widodo 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Presiden Jokowi diagendakan datang ke Jawa Timur saat dimulainya penggratisan akses jalan tol Suramadu

Gubernur Jatim, Soekarwo, mengatakan bahwa gratisnya akses masuk tol Suramadu sudah 99 persen. Sedangkan 1 persennya, tergantung pada keputusan presiden Jokowi. 

"Saat ini yang jelas sudah 99 persen Suramadu gratis dan 1 persen kepastiannya besok tinggal menunggu keputusan Presiden," ucap Soekarwo, Kamis (25/10/2018).

Jokowi direncanakan datang Sabtu (27/10/2018) untuk menandai digratiskannya akses ke jalan tol di atas selat Madura tersebut.

"Mari kita tunggu saja besok kepastiannya bagaimana. Dengan menggratiskan Suramadu rakyat Madura akan diuntungkan. Mereka bisa mengirim barang kemana saja dengan transportasi terjangkau," tambah Pakde.

Jembatan Suramadu dibangun pada 2003 dan diresmikan pada 2009. Semua kendaraan yang melintas di jembatan 5,4 KM itu dikenai tarif masuk tol. Bahkan motor pun harus membayar Rp 3.000.

Setelahnya pada 2016, Pemerintah mengevaluasi keberadaan Suramadu dan keputusannya memangkas tarif tol Suramadu 50 persen.

Pakde Karwo sendiri berharap banyak akan dampak positif pascagratisnya Suramadu nanti.  

"Saya optimistis bahwa kebijakan penggratisan tarif tol Suramadu akan menjadi pemicu untuk lebih mempercepat kemajuan Madura," tandas Pakde.

Meski demikian, Pakde Karwo mengaku masih menunggu kepastian akan penggratisan tol Suramadu itu dari Keputusan Presiden. Nanti akan ada Kepres mengenai Suramadu gratis.

"Kalau sudah keputusan Pemerintah artinya tidak perlu lagi mengaitkan dengan pendapatan yang hilang dari pengelolaan Suramadu," kata Pria asli Madiun ini.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved