Berita Kediri

Dibahas Empat Hari, Raperda APBD 2019 Kota Kediri Akhirnya Disetujui Dewan

Raperda APBD Tahun Anggaran 2019 menjadi Perda telah disetujui oleh DPRD Kota Kediri dalam Sidang Paripurna

Dibahas Empat Hari, Raperda APBD 2019 Kota Kediri Akhirnya Disetujui Dewan
surya/didik mashudi
Sekretaris Kota Kediri Budwi Sunu menyalami anggota dewan usai Rapat Paripurna DPRD Kota Kediri, Rabu (24/10/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun Anggaran 2019 menjadi Perda telah disetujui oleh DPRD Kota Kediri dalam Sidang Paripurna, Kamis (25/10/2018). Sebelum penetapan Persetujuan Raperda menjadi Perda ini, terlebih dahulu fraksi-fraksi di DPRD Kota Kediri menyatakan pendapat dan persetujuannya.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Kholifi Yunon dihadiri Sekretaris Kota Kediri Budwi Sunu. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam sambutan yang dibacakan Budwi Sunu, memberikan apresiasi kepada komisi-komisi, fraksi dan badan anggaran yang telah melaksanakan pembahasan bersama tim anggaran eksekutif atas rancangan APBD tahun anggaran 2019.

“Alhmdulillah sebuah proses untuk merumuskan dan menyempurnakan rancangan APBD Kota Kediri tahun anggaran 2019 telah dilalui dan selesaikan baik pada sisi pendapatan daerah maupun belanja daerah,” ujarnya.

Pembahasan rancangan APBD telah dilaksanakan pada komisi mulai 16-18 Oktober, dan pembahasan oleh Badan Anggaran pada 20-23 Oktober.

Pada pembahasan tersebut baik legislatif maupun eksekutif telah melakukan beberapa perubahan baik peningkatan pendapatan daerah maupun efisiensi belanja daerah.

Selain itu ada beberapa rekomendasi terhadap kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat.

Pembahasan tersebut merupakan salah satu kontrol pihak legislatif terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

Budwi Sunu mengatakan hasil pembahasan menjadi dasar dalam penyempurnaan draft APBD tahun anggaran 2019 dan akan dituangkan dalam persetujuan bersama pimpinan DPRD dan walikota atas rancangan APBD tahun anggaran 2019.

Selanjutnya sesuai dengan mekanisme rancangan perda APBD tahun anggaran 2019 akan disampaikan ke Gubernur Jawa Timur untuk dievaluasi dan diharapkan perda APBD tahun anggaran 2019 segera bisa ditetapkan sebagai dasar pelaksanaan program dan kegiatan.

“Penetapan perda yang semakin cepat diharapkan program dan kegiatan di tahun anggaran 2019 dapat berjalan sesuai dengan rencana,” jelasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved