Berita Surabaya

Peluang Penganggaran Trem di APBD Tertutup, Kelanjutan Proyek Trem Surabaya Tunggu Keputusan Risma

Peluang untuk melanjutkan proyek trem Surabaya menggunakan APBD sudah tertutup. Kini, tinggal menanti bagaimana keputusan Risma

Peluang Penganggaran Trem di APBD Tertutup, Kelanjutan Proyek Trem Surabaya Tunggu Keputusan Risma
surya/nuraini faiq
ilustrasi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Syaifuddin Zuhri menegaskan bahwa di APBD 2019 tidak akan ada anggaran untuk proyek trem.

Pihaknya mengatakan, dalam pembahasan APBD 2019 yang kini sedang dikebut DPRD, dewan sudah sepakat tidak akan ada anggaran untuk proyek fisik angkutan massal trem tersebut.

"Di PAK kemarin memang muncul tapi sudah dikepras. Pengajuannya Rp 400 miliar. Kalau muncul lagi maka kita sudah sepakat akan melakukan pengeprasan lagi," tegas pria yang akrab disapa Ipuk ini.

Politisi PDIP ini mengatakan trem di Surabaya dinyatakan belum siap. Belum ada lembaga yang secara khusus menangani untuk masalah angkutan massal. Seperti adanya BLUD yang selama ini belum dimiliki Pemkot.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dalam pembahasan di banggar, pembahasan lebih mengerucut agar opsi yang diambil oleh Pemkot dalam mewujudkan angkutan massal adalah dengan kerja sama dengan swasta. Entah itu dengan sistem lelang, maupun dikerjasamakan dengan pihak yang memang ahli.

"Misalnya kalau masalah kereta api, ya serahkan pada ahlinya lah, PT KAI. Sehingga Pemerintah Kota nanti ambil peran entah subsidi tiketnya atau dengan penyiapan sarana penunjangnya," tegas Ipuk.

Ia sepakat ada angkutan massal untuk mengatasi kemacetan di SUrabaya. Namun yang ia tekankan adalah konsep angkutan massal yang digadang menjadi solusi harus yang memang benar-benar menjadi solusi. Bukan malah menimbulkan masalah baru.

Sebab jika harus dibebankan ke APBD, biaya realisasi trem terlalu besar, mencapai Rp 3 trilliun. 

"Kan Surabaya juga butuh membangun jalan, sekolah, dan pembangunan sosial," kata Ipuk.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi.

Halaman
12
Tags
APBD
Trem
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved