Berita Surabaya

Risma Tantang Ratusan Guru IPA dan IPS Berinovasi, Banyak Obyek di Surabaya untuk Materi Pelajaran

Walikto Surabaya Tri Rimaharini menantang guru IPA dan IPS khususnya guru SMP untuk lebih berinovasi.

Risma Tantang Ratusan Guru IPA dan IPS Berinovasi, Banyak Obyek di Surabaya untuk Materi Pelajaran
surya/pipit maulidiya
┬áRisma memberikan pengarahan kepada ratusan guru di Graha Sawungaling, Senin (22/101/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Walikto Surabaya Tri Rimaharini menantang guru IPA dan IPS khususnya guru SMP untuk lebih berinovasi. Menurutnya banyak lokasi yang bisa dijadikan marteri pelajaran kedua mate pelajaran tersebut.

Hal ini disampailan Risma di hadapan 534 guru SMP negeri dan swasta se-Surabaya yang mengampu mata pelajaran (mapel) IPA-IPS saat pengarahan di Gedung Sawunggaling, Kantor Pemkot Surabaya, Senin (22/10/2018).

Wali Kota Risma meminta para guru lebih inovatif dalam mengajar.

Dia meminta guru IPA-IPS harus bisa membuat anak-anak senang belajar di sekolah. Sebab, kedua pelajaran tersebut sebenarnya pelajaran menarik jika dikemas dengan baik.

“Dampaknya nanti anak-anak betah berada di sekolah. Pelajaran ini agak berbeda dengan pelajaran matematika. Karena pelajaran matematika bisa menyenangkan, asal bisa dikaitkan dengan ilmu-ilmu lain,” katanya.

Risma juga menanyakan kebutuhan para guru untuk mendukung proses belajar mengajar.

“Para guru butuh apa, silakan sampaikan di sini. Nanti juga dicatat Dinas Pendidikan Surabaya. Misalkan butuh bus untuk ke suatu tempat, nanti pihaknya siap memberi kendaraan tersebut,” tandas Risma kepada para guru.

“Selama ini malah yang datang itu sekolah dari Jombang, Mojokerto, dan lain-lain. Mereka minta pergi ke sana, mereka minta ke sini, semuanya mengunjungi tempat di Surabaya. Sekolah Surabaya malah belum ada sama sekali,” tambah Risma.

Risma juga mengaku selama ini dia sendiri yang aktif mencoba menerka kebutuhan para siswa, misalnya memberi buku ensiklopedia ke sekolah-sekolah. Penyediaan buku ini atas inisiatifnya sendiri, bukan atas usulan sekolah.

Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu memberikan contoh kepada para guru, untuk materi pembelajaran biologi atau sejarah, banyak tempat yang dapat dikunjungi di Kota Surabaya ini, seperti taman dan museum.

“Saya mohon dengan hormat, ayo jenengan gerak supaya anak-anak mengalami sesuatu yang membuat mereka betah di sekolah. Mulai sekarang, kalau butuh apa-apa tinggal ajukan ke saya,” tegas Risma.

Risma megaku, kegelisahannya mengumpulkan guru-guru ini bagian dari pengalamannya dahulu, yang menyukai pelajaran biologi.

“Saya itu ingat terus dengan pelajaran membelah katak saat sekolah dulu. Karena itu memang menyenangkan,” cerita Risma. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved