Berita Malang Raya

10 Batang Kayu Angsana Gagal Dicuri, Pelaku Melarikan Diri Tinggal Truk setelah Dihadang Petugas

Patroli Polisi Hutan di BKPH Sumbermanjing dan Perhutani KPH Malang menggagalkan upaya pencurian kayu di hutan, Jumat (19/10/2018).

10 Batang Kayu Angsana Gagal Dicuri, Pelaku Melarikan Diri Tinggal Truk setelah Dihadang Petugas
SURYA.co.id / erwin wicaksono
Patroli Polisi Hutan (Polhut) di BKPH Sumbermanjing dan Perhutani KPH Malang menggagalkan upaya pencurian kayu hutan, Jumat (19/10/2018). 

SURYA.co.id | MALANG  - Patroli Polisi Hutan (Polhut) di BKPH Sumbermanjing dan Perhutani KPH Malang menggagalkan upaya pencurian kayu di hutan, Jumat (19/10/2018)

Dari patroli hutan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Polhut Malang berhasil menyita 10 batang pohon jenis angsana atau Sono.

Asisten Perhutani Suyatno, mengatakan dalam aksi penghadangan oleh petugas patroli Polhut, pelaku penebangan liar dari petak 88 wilayah RPH Bantur, Kabupaten Malang tersebut berhasil melarikan diri.

Atas kejadian tersebut, tim patroli dari Perhutani  mengamankan truk N 8105 DC dan juga 10 batang pohon angsana.

Selanjutnya, seluruh barang bukti itu diserahkan ke Polsek Gedangan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dari 10 batang kayu jenis angsana itu masing-masing memiliki panjang 170 sentimeter hingga 2,10 meter. Dengan diameter mulai dari 30 hingga 44 sentimeter.

“Belum pasti total kerugian akibat kejadian tersebut, namun diperkirakan di atas Rp.50 juta. Kami berharap pelakunya segera tertangkap,” terang Suyatno. 

Masih kata Suyatno, pelaku pencurian kayu ini sudah menjadi target operasi oleh Polhut KPH Malang. Mereka beraksi ketika dini hari, memanfaatkan kelengahan petugas.

Namun, beruntung atas kesigapan petugas, upaya pembalakan kayu tersebut berhasil di gagalkan.

"Semuanya sudah kami limpahkan ke Polsek Gedangan baik barang bukti kayu maupun alat angkut truk. Semoga polisi segera mengungkap serta menangkap tersangka,” pungkasnya.

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved