Berita Surabaya

Stok Darah di Jawa Timur Surplus 300 Ribu Kantong

Gubernur Jatim, Soekarwo menyebut bahwa saat ini stok darah di Jatim surplus sekitar 300 ribu kantong.

ist
Gubernur Jatim, Soekarwo bersama Ketua PMI Jatim, Imam Utomo, usai memberikan Satya Lancana dan Piagam Penghargaan kepada 475 orang Pendonor Darah Sukarela 75 kali dari Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (18/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo menyebut bahwa saat ini stok darah di Jatim surplus.

Jumlah stok darah di Jatim mencapai sekitar 1 juta kantong. Padahal, kebutuhannya sebanyak 700 ribu kantong darah.  Dengan demikian, surplusnya mencapai 300 ribu kantong. 

“Sisanya kami kirim ke daerah lain yang membutuhkan, ini bagian dari kemanusiaan,” kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo saat memberikan Satya Lancana dan Piagam Penghargaan kepada 475 orang Pendonor Darah Sukarela 75 kali dari Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Kamis (18/10/2018).

Pakde Karwo juga mengungkapkan, surplus stok darah tersebut membuat penangan dan evakuasi bencana gempa bumi di Sapudi, Kabupaten Sumenep menjadi lebih mudah.

"Saya dari sana dan memonitor terus setiap hari. Justru Tagana dan PMI adalah yang masuk duluan ke Sumenep. Jadi kita tidak perlu bantuan kantong darah dari provinsi lain," kata Pakde Karwo.

Ketua PMI Provinsi Jatim, Imam Utomo yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan bahwa tingkat kesadaran donor darah di Kabupaten Sumenep juga bagus.

"Madura itu donor darahnya bagus, termasuk Sumenep, jadi tidak kekurangan untuk stok kantung darah," kata Imam Utomo.

Imam Utomo mengatakan, PMI Jatim juga terus memberikan bantuan termasuk bagi korban bencana alam baik di Nusa Tenggara Barat (NTB) maupun Sulawesi Tengah (Sulteng).

Saat operasi tanggap darurat di NTB, PMI Jatim mengirimkan 10 mobil tangki air bersih, kantong darah, berbagai peralatan seperti selimut, tenda, serta mengirim relawan dari PMI kab/kota.

Para relawan ini merupakan orang pilihan dan sudah terlatih di bidangnya seperti kesehatan, air bersih dan hunian sementara.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved