Berita Surabaya

Anugerah Sutasoma Balai Bahasa Jatim 2018, Ini Daftar Penerima Penghargaan

Anugerah Sutasoma tahun ini adalah kali kesepuluh, sekaligus menjadi bentuk apresiasi sastra di Jawa Timur yang sedang berkembang

SURYA.co.id | SURABAYA - Anugerah Sutasoma 2018 berlangsung di Balai Budaya Jawa Timur, Cak Durasim, Rabu (17/10/2018). Anugerah Sutasoma tahun ini adalah kali kesepuluh, sekaligus menjadi salah satu bentuk apresiasi sastra di Jawa Timur yang sedang berkembang. Penghargaan diberikan kepada tokoh sastra yang berpengaruh.

Tujuh kategori Anugerah Sutasoma diberikan masing-masing kepada, Rabo Sore (kategori Komunitas Sastra), Suwignyo Adi atau Titiek SA (kategori Sastrawan Berdedikasi), Antopologi Puisi Mawar Gandrung karya Muhammad Iqbal Baraas (Kategori Karya Sastra Indonesia Terbaik), antologi Geguritan Kidung Langit karya Nono Warnoto (kategori Karya Sastra Daerah Terbaik), Lilik Rosida Irmawati guru SDN Pabian 1 Kecamatan Kota Sumenep (kategori Guru Bahasa dan Sastra Daerah Berdedikasi), serta Buku Sastra Multikultural; Konstruksi Identitas dan Praktik Diskursif Negara dalam Perkembangan Sastra Indonesia karya Ahmad Taufiq (kategori Esai atau Kritik Sastra Terbaik).

Ketua Panitia Anugerah Sutasoma Balai Bahasa Jawa Timur 2018, Yulitin Sungkowati, menyampaikan dalam pemberian anugerah Sutasoma tahun ini, ada juga perwakilan dari kalangan muda. Sehingga karya sastra semakin berdiri kokoh dari generasi ke generasi.

"Salah satunya dewan juri pertimbangkan komunitas Rabo Sore, karena disitu tempat anak-anak muda mengembangkan diri. Harapannya ketika mereka terjun di lingkungan masyarakat setelah lulus dari Universitas, mereka membuat komunitas-komunitas baru, ini kan energi-energi muda. Selain itu ya menambah kategori tiap tahunnya, untuk anak kalangan muda," jelas Yuli, usai penganugerahan Sutasoma.

Yuli menyampaikan tahun depan dia berharap Balai Bahasa Jawa Timur bisa menambah kategori lain, yaitu kategori Sastrawan Muda Berbakat, Sastra Anak, dan Penerbit Karya Sastra.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved